Menjadi Pembelajar Sejati dengan Menulis dari Hati

Menjadi Pembelajar Sejati dengan Menulis dari Hati

Webinar Literasi ALKI kembali hadir di penghujung 2021. Kegiatan Webinar Literasi ALKI ini merupakan rangkaian kegiatan Penguatan Karakter dan Literasi SMPIT Al Haraki dalam rangka mengawali semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2021. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Jumat, 24 Desember 2021 ini mengusung tema “Menjadi Pembelajar Sejati dengan Menulis dari Hati”

Berbeda dengan tema pada Webinar Literasi ALKI 2020 yang membahas teknik review, pada Webinar Literasi ALKI 2021 ini, siswa-siswi SMPIT Al Haraki selaku peserta kegiatan akan mendapatkan pemahaman mengenai kepenulisan cerpen dan puisi. Tidak hanya itu mereka juga akan praktik langsung membuat puisi yang dipandu langsung oleh narasumber kegiatan yaitu Ibu Yuliyanti Basri, SE., M.Si., CT., NLP yang merupakan Mentor Komunitas Akademika Litera Nyalanesia sekaligus pegiat seni, literasi dan sastra.

Kegiatan webinar ini dimulai dengan pembukaan oleh Pak Diki Lesmana, S.Pd., Guru Bahasa Indonesia SMPIT Al Haraki selaku MC. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan doa oleh Pak Samsul Ma’rif, S.Si. Selanjutnya ada sambutan yang disampaikan oleh Kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M.Pd.I dan Ketua Komite SMPIT Al Haraki Bapak Jusof Marshal, MT.

Setelah sesi pembukaan selesai dilaksanakan, kegiatan berikutnya adalah kegiatan inti dari Webinar Literasi itu sendiri yaitu materi kepenulisan cerpen dan puisi oleh Ibu Yulia. Setelah sesi materi selesai dilanjutkan tanya jawab sekaligus praktik langsung menulis puisi. Peserta kegiatan antusias mengikuti sesi ini karena mereka bisa langsung menungkan ide-ide dengan arahan dari narasumber. Setelah selesai membuat puisi, peserta kegiatan mendapatkan tantangan dengan memposting hasil puisi tersebut ke dalam instagram sebagai bentuk berani publikasi karya sendiri.

Semoga dengan adanya kegiatan Webinar Literasi ini siswa-siswi SMPIT Al Haraki dapat meningkatkan kemampuan menulis terutama dalam bidang cerpen dan puisi serta berani mempublikasikan karya yang sudah dibuat baik melalui media sosial maupun dalam berbagai ajang lomba kepenulisan.

Salam literasi!