.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

 

Untuk kenyamanan Ayah dan Bunda, kami telah mengumpulkan daftar pertanyaan yang sering di sampaikan oleh Calon Orang Tua Siswa. Apabila ada pertanyaan yang belum terjawab, silahkan menghubungi kami di nomor telfon yang tersedia. Kami dengan senang hati akan membantu Ayah Bunda semaksimal mungkin untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Berapa jumlah siswa per kelas?

Kelompok Bermain: 6 Siswa per kelas 

Taman Kanak-kanak: 14 Siswa per kelas 

Model Pembelajaran di Haraki Preschool?

Pembelajaran berbasis Sentra yang dipadukan dengan kurikulum 6C’s Haraki Preschool Educational Program

Mengapa perlu diadakan tes bagi calon siswa Haraki Preschool?

Sistem PSB bagi calon siswa Haraki Preschool bukan berupa tes kemampuan dasar, melainkan penilaian observasi yang dibutuhkan sekolah untuk melihat tingkat kematangan dan kesiapan calon siswa untuk masuk ke jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. 

Apa yang dinilai dari Penilaian Observasi tersebut?

Setelah penilaian observasi, guru akan memetakan kebutuhan belajar berdasarkan kemampuan motorik, sensorik dan kognitif dengan minat dan bakat masing –masing siswa. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menilai perkembangan dan menggali potensi siswa di sekolah. 

Jadwal pembelajaran?

Kelompok Bermain: 3 hari seminggu 08.00 – 10.00

Taman Kanak – Kanak: 5 hari seminggu 08.00– 11.30

Apa bahasa pengantar yang digunakan di dalam kelas?

Bahasa Indonesia

Apakah ada kegiatan ekskul untuk siswa?

Ada. Ekskul Menari, Musik dan Menggambar

Apakah ada kegiatan siswa di luar sekolah?

Ada, dalam satu semester kurang lebih terdapat 2-3 kegiatan field trip siswa di luar sekolah.

Apakah ada catering untuk siswa?

Siswa Haraki Preschool diharapkan membawa makanan dari rumah masing – masing setiap hari untuk kegiatan snack time di sekolah.

Apakah ada jemputan untuk siswa?

Ada, biaya jemputan tergantung jarak dari rumah ke sekolah.

Bagaimana kurikulum di SDIT Al Haraki ?

SDIT Al Haraki menggunakan kurikulum dinas (IKM) yang dipadukan dengan kurikulum kekhasan SIT Al Haraki. Kelulusan hafal 3 juz (30-29-28), Keunggulan bidang pramuka, art & sport , enterpreneur, dan mulok Bahasa Arab

Bagaimana metode pembelajaran di SDIT Al Haraki ?

SDIT Al Haraki menggunakan metode pembelajaran active learning dengan mengintegrasikan metode HOTS dan IKM (Implementasi Merdeka Belajar)

Apakah hafalan Quran menjadi salah satu syarat kenaikan kelas atau kelulusan di SDIT Al Haraki ?

Hafalan Qur’an tidak menjadi salah satu syarat kenaikan kelas atau kelulusan di SDIT Al Haraki. Namun di SDIT Al Haraki anak-anak akan di stimulus dan dimotivasi dengan pendekatan masing-masing siswa untuk dapat mengikuti dan semangat mencapai target sesuai jenjangnya. 

Raport penilaian semester dan raport penilaian hafalan Quran tidak disatukan.

Apakah bahasa pengantar pembelajaran di SDIT Al Haraki ?

Bahasa pengantar di SDIT Al Haraki adalah Bahasa Indonesia. Dengan memiliki program menstimulasi siswa untuk mengenal bahasa Arab dan Inggris secara bertahap dan friendly melalui pembiasaan-pembiasaan dan mulok

Berapa jumlah siswa dalam satu kelas ? dan berapa guru yang mendampingi siswa di dalam kelas ?

Jumlah siswa dalam satu kelas maksimal 32 siswa dengan 2 guru kelas

Apakah ada sistem ranking dalam SD?

Tidak ada sistem ranking dalam penilaian di SDIT Al Haraki, semua akan di stimulus sesuai dengan pendekatan dan gaya belajar masing-masing siswa.

Apakah sudah harus bisa baca dan tulis untuk masuk SDIT Al Haraki?

Syarat utama adalah kematangan dan kemandirian calon siswa, selebihnya terkait baca tulis hitung tidak menjadi persyaratan masuk SDIT Al Haraki, namun pemetaan melalui test observasi penting dilakukan untuk penanganan tepat. Aspek baca tulis menjadi salah faktor dalam proses pemetaan siswa. Sehingga kemampuan siswa dalam baca dan tulis perlu dipersiapkan.

Untuk sistem evaluasi Pendidikan (rapor) dalam bentuk angka (kuantitatif) atau penilaian kualitatif?

Sistem penilaian evaluasi (raport) berbentuk angka dan narasi (kuantitatif dan kualitatif)

Bagaimana sistem pembelajaran saat ini ?

SDIT Al Haraki saat ini melakukan pembelajaran offline 100 %.  Saat kondisi tertentu pihak SDIT menyiapkan opsi penyelenggaraan PJJ dengan menggunakan Google Classroom sebagai media belajar online. . Dengan memberikan masing-masing siswa 1 akun khusus dari Al Haraki, menyediakan jaringan internet memadai bagi guru dan karyawan, serta penyediaan sarana prasarana pembelajaran online bagi  pendidik. Dimulai dari jam 7.30-12.30 dengan penyesuaian-penyesuaian jadwal mata pelajaran dan rest time siswa untuk less screen time.

Karena di SIT Al Haraki setahu saya full day school, apakah anak akan diberikan PR juga?

SIT Al Haraki termasuk sekolah Full day dengan pembagian kelas 1-2 kepulangan jam 14.00, kelas 3-6 kepulangan jam 15.30. 

Siswa tidak diberikan PR harian, jikapun ada sifatnya tugas interaktif dengan orang tua jika ada moment spesial atau hari-hari besar dan project. 

Bagaimana Haraki menangani anak yang kesulitan menghafal surat?

SDIT Al Haraki memiliki tim guru Al Quran yang cukup solid di bawah naungan divisi Haraki Quran Center. Dilengkapi dengan silabus menghafal Al Qur’an secara berjenjang dan disampaikan secara klasikal melalui pendekatan khusus kepada masing-masing siswa. Sehingga diharapkan siswa yang kesulitan menghafal mendapat treatment khusus yang dikomunikasikan dengan orang tua siswa.

Bagaimana jam belajar siswa di SDIT Al haraki ?

Saat pembelajaran Offline, seluruh siswa masuk pukul 07.10 dan untuk kepulangan siswa level 1 dan 2 pulang pukul 14.00.

Siswa level 3-6 pulang pukul 15.30 ( setelah sholat Ashar ). 

Saat pembelajaran online, seluruh siswa masuk pukul 07.30 sampai jam 12.30 

(setelah sholat dzuhur)

Ada ekskul apa saja di SDIT Al Haraki ?

Ada 14 ekstrakurikuler yang diadakan SDIT Al Haraki dan dilaksanakan secara offline (Tenis meja. Badminton, Painting, Futsal, Basket, Al Quran, Amazing sains, English Club, taekwondo, Tari, Coding, Robotic, Panahan, dan Musik).

Bagaimana Haraki menangani school bullying?

SDIT Al Haraki merupakan friendly school. Memiliki unit BK (Bimbingan Konseling) dengan program dan mekanisme penanganan masalah siswa yang berjenjang dari kasus ringan, sedang maupun berat yang dikomunikasikan dengan guru kelas dan orang tua siswa. 

SDIT Al Haraki dalam penyelenggaraannya, menitikberatkan kepada petugas guru piket harian yang tersebar di beberapa sudut krusial berpotensi terjadinya Bullying saat jam istirahat siswa.

Bagaimana Haraki memberikan kesempatan kepada anak2 yang biasa-biasa saja dalam menjadi public speaking atau menjadi pemimpin? anak2 yang dimaksud bukan yang super ordinary (prestasi) seperti anak2 yang sedang diwawancarai saat ini

Di SDIT Al Haraki memiliki program leader in me.merupakan program penanaman karakter melalui kepemimpinan diri yang diimplemetasikan melalui 8 karakter siswa dan 7 habits bekerjasama dengan Dunamis, lembaga berlisensi Steven Covey di Indonesia. Siswa di stimulasi agar mempunyai pola pikir untuk dapat selesai dengan dirinya sendiri, sehingga bisa memimpin orang lain setelahnya. 

SDIT Al Haraki juga mempunyai unit organisasi siswa yaitu : Bintang Alki, Dokcil, dan Passus. Dimana ketiga unit organisasi tersebut memiliki program pembinaan dan penugasan terhadap seluruh siswa saat di level 4&5 dengan perlakuan yang sama. 

Bagaimana Haraki memberikan sex education terutama setelah anak2 akil baliq?

SDIT AL Haraki memiliki program pengembangan karakter siswa yang disesuaikan dengan usia, termasuk halnya persiapan pra remaja dan menuju ‘aqil baligh yang dikemas dalam program haraki student time mencakup: kegiatan keputrian, keputraan, life skill, character building, dan mentoring siswa level atas. Selain itu didukung dengan kegiatan-kegiatan siswa diluar pembelajaran yang di konsep dengan tujuan dan target yang sesuai dengan kebutuhan.

Apakah di SDIT Al Haraki ada fasilitas catering dan jemputan untuk siswa ?

Di SDIT Al Haraki tersedia fasilitas catering dan layanan jemputan untuk siswa dengan menyesuaikan jarak tempuh dan waktu.

Tes utk masuknya apa saja ya?

Test masuk SDIT Al Haraki adalah test psikotest dan observasi internal bagi calon siswa baru dan sesi wawancara dengan yayasan bagi calon orang tua siswa baru. Test observasi meliputi instrumen perkembangan siswa yang meliputi 3 aspek, aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta keaksaraan.

Apakah wajib menyertakan surat tanda tamat belajar di Taman kanak-Kanak?

Surat tanda tamat belajar di taman kanak-kanak disertakan dalam lampiran setelah tahun pelajaran berakhir dari TK atau asal sekolah setempat sebagai syarat administrasi.

Berapa usia minimal masuk SDIT Al Haraki?

Usia minimal menjadi siswa kelas 1 di SDIT Al Haraki adalah genap berusia 6 tahun di bulan Juli tahun depan.

Bagaimana mekanisme parkiran di SDIT Al Haraki?

Dengan lahan parkir terbatas, maka akan dimaksimalkan layanan antar jemput sekolah dibantu dishub untuk kelancaran.

Berapa kuota siswa kelas 1 SDIT Al Haraki?

Di SDIT Al Haraki maksimal 128 siswa, dengan pembagian maksimal 32 siswa per kelas.

Kapan pengumuman penerimaan calon siswa baru setelah dari test observasi? Apakah pembayaran berlaku full payment dan kapan selambat-lambatnya?

Pengumuman calon siswa baru diinformasikan paling cepat 1 pekan setelah pelaksanaan test observasi calon siswa baru. 

Pembayaran dana investasi pendidikan dibayarkan dengan sistem full payment.

Apa kategori yang membuat siswa dinyatakan diterima di SDIT Al Haraki ?

Jika memenuhi score dari hasil test observasi siswa, psikotest, dan wawancara orang tua dengan yayasan.

Apa yang membedakan SDIT Al Haraki dengan Sekolah lainnya?

SDIT Al Haraki memiliki kekhasan program unggulan dengan mengedepankan proses (Al Quran, leadership, dan karakter)

KEHUMASAN DAN UMUM

1. Apakah pendaftaran tahun pelajaran 2024-2025 dilakukan secara daring sepenuhnya?

Iya, benar. Pendaftaran Tahun Pelajaran 2024-2025 dilakukan secara daring sepenuhnya melalui laman www.alharaki.sch.id/psb-online/ 

2. Bagaimana alur pendaftaran siswa baru SMPIT Al Haraki tahun pelajaran 2024-2025?

Alur pendaftaran dapat diakses melalui link website  www.alharaki.sch.id/psb-online/ atau jika mengalami kesulitan silakan hubungi kontak humas kami di nomor Whatsapp: +6281271798063

3. Berapa biaya formulir pendaftaran 2024-2025?

Biaya formulir pendaftaran 2024-2025 adalah sebesar Rp. 500.003 untuk siswa dari dalam dan luar SIT Al Haraki melalui rekening: Bank Syariah Indonesia (BSI) a/n YAYASAN AKBAR QQ PSB SIT AL HARAKI No. Rekening 7155571556.

4. Berapakah besar investasi awal masuk SMPIT Al Haraki Tahun Pelajaran 2024-2025?

Untuk detail pembiayaan silakan hubungi kontak humas kami yang bisa Anda lihat di www.alharaki.sch.id/psb-online/ atau melalui Whatsapp di nomor  +6281271798063

5. Berapa jumlah siswa yang diterima dalam satu angkatan?

Jumlah siswa yang diterima dalam satu angkatan adalah sebanyak 128 siswa tanpa pembagian secara khusus internal SDIT Al Haraki atau eksternal.

6. Apakah calon siswa baru akan menjalani tes atau observasi terlebih dahulu?

Ya. Calon siswa baru akan menjalani Tes Kemampuan Dasar (materi: Matematika, Bahasa Inggris dan Teknologi Informasi dan Komunikasi) serta observasi oleh guru SMPIT Al Haraki sebagai bagian dari syarat lolos pendaftaran.

7. Adakah wawancara khusus antara orang tua dengan pengelola sekolah?

Ya, ada. Wawancara dilakukan oleh pengelola sekolah sebagai salah satu syarat lolos pendaftaran.

8. Adakah keistimewaan bagi pendaftar dari SDIT Al Haraki?

Tidak ada. Semua pendaftar akan melalui proses seleksi yang sama baik internal maupun eksternal. Namun, alumni SDIT Al Haraki berkesempatan mendapatkan potongan biaya untuk siswa berprestasi yang diajukan oleh SDIT Al Haraki.

9. Apakah  ada program kunjungan siswa atau kegiatan di luar sekolah?

Ya, ada program kegiatan keluar sekolah berupa kunjungan siswa ke industri pabrik dan rumahan sebagai bagian dari program Entrepreneur Curriculum. Kegiatan ini umumnya sudah termasuk dalam program kegiatan tahunan. Level 7 bernama Entrepreneur Tour, Level 8 bernama Field Lab, dan level 9 bernama Internship Curriculum. Kegiatan ini umumnya hanya ke daerah yang dekat dengan sekolah.

10. Apakah ada kunjungan siswa selain kunjungan wajib baik nasional maupun internasional di SMPIT Al Haraki?

Ya, ada. Kunjungan siswa selain kunjungan wajib ini bersifat pilihan, namun sangat dianjurkan. Adapun negara yang biasa menjadi destinasi kunjungan siswa, antara lain: Singapura, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Turki.

11. Apakah biaya kunjungan siswa selain kunjungan wajib sudah termasuk ke dalam biaya kegiatan tahunan?

Belum. Kunjungan siswa nasional dan internasional di luar kunjungan wajib bersifat pilihan sehingga pembiayaan akomodasi dan perjalanannya terpisah.

12. Apakah SMPIT Al Haraki memiliki media sosial?

Media sosial yang digunakan oleh SMPIT Al Haraki diantaranya: Instagram @sit_alharaki, Channel Telegram: Channel-SMPIT Al Haraki, Youtube: Al Haraki TV, dan Website SMPIT Al Haraki: www.smp.alharaki.sch.id

13. Apakah SMPIT Al Haraki menyediakan makanan katering?

Ya, kami menyediakan makanan katering yang bersifat opsional untuk siswa dengan menu makanan sehat dan beragam setiap harinya. 

14. Apakah SMPIT Al Haraki menyediakan antar jemput bagi siswanya?

Ya, kami menyediakan antar jemput yang bersifat opsional untuk siswa dan biayanya disesuaikan dengan jarak tempuh dengan kisaran Rp450.000,00 s.d. Rp800.000,00.

 

KURIKULUM

1. Apakah kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran di SMPIT Al Haraki?

Kurikulum  yang diterapkan di dalam pembelajaran di SMPIT Al Haraki diantaranya Kurikulum Merdeka, muatan keislaman berupa pembelajaran Al-Qur’an berupa hafalan Juz 27 dan penerapan nilai-nilai islam dan dilengkapi dengan Kurikulum Kewirausahaan (Entrepreneur Curriculum).

2. Apa itu Entrepreneur Curriculum?

Entrepreneur Curriculum adalah inovasi pendidikan di SMPIT Al Haraki yang bertujuan mengenalkan 6 bidang kewirausahaan kepada siswa sebagai referensi siswa dalam menghadapi tantangan masa depan.

3. Materi apa saja yang termasuk dalam Entrepreneur Curriculum?

Materi Entrepreneur Curriculum yang dipelajari berbeda di setiap levelnya, antara lain: materi di level 7 adalah Photography dan Cooking; materi di level 8 adalah Animation dan Event Organizing; dan materi level 9 adalah Broadcasting dan Designing.

4. Apakah materi Entrepreneur Curriculum wajib dipelajari oleh seluruh siswa?

Ya, benar. Materi Entrepreneur wajib dipelajari oleh seluruh siswa.

5. Apakah ada program tambahan terkait materi Entrepreneur Curriculum?

Ya, ada. Setiap tahun ada kegiatan WE Day (Workshop of Entrepreneur Day) yaitu kegiatan workshop yang mendatangkan narasumber dari luar SMPIT Al Haraki. Selain itu ada pula kegiatan Internship Curriculum khusus untuk level 9 dimana siswa diajak untuk magang atau praktek kerja di industri yang bekerja sama dengan sekolah.

6. Apa output yang diharapkan oleh kegiatan Internship Curriculum?

Harapannya adalah siswa mampu memahami proses kerja suatu bidang yang ditekuni (Sesuai dengan pilihan materi Entrepreneur Curriculum), menghasilkan produk atau jasa yang memiliki nilai jual dan memahami proses pemasarannya.

7. Apakah siswa yang berasal dari luar Al Haraki tetap mengikuti program hafalan berupa Juz 27 atau harus dimulai dari Juz 30 terlebih dahulu?

Langsung mengikuti program hafalan juz 27. Pada saat awal akan ada matrikulasi Quran untuk memetakan kemampuan membaca Al Qur’an siswa. Bagi siswa yang berada di level middle-low (cenderung belum lancar), akan menjalani program tahsin selama kurang lebih satu semester, dan baru memulai program tahfiz (hafalan) setelah lancar. Bagi siswa yang berada di level middle-high (cenderung lancar), maka akan langsung menjalani program tahfiz (hafalan) juz 27. 

8. Apakah hafalan Al-Qur’an diujikan?

Ya, benar. Hafalan Al-Qur’an diujikan dalam kegiatan bernama Imtihanul Quran dan merupakan puncak kegiatan ujian praktek Al-Qur’an.

9. Berapa lama waktu pembelajaran di SMPIT Al Haraki?

Pembelajaran dilakukan dari jam 07.00 – 15.00 dengan keharusan mengikuti salat dhuha bersama dan salat ashar berjamaah di sekolah.

 

KESISWAAN

1. Apa saja ekstrakurikuler yang ada di SMPIT Al Haraki?

Basket, futsal, taekwondo, musik, fotografi, panahan, LTQ, Coding, dan seni tari.

2. Apakah siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler?

Kegiatan ekstrakurikuler bersifat pilihan namun sangat direkomendasikan bagi siswa yang belum memiliki kegiatan apapun di luar jam sekolah. Hal ini karena di antara tujuan kegiatan ekstrakurikuler adalah mengembangkan kemampuan sosial siswa dan menggali potensi yang mungkin belum terlihat.

3. Apakah ada biaya khusus untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler?

Ya, ada. Biaya ekstrakurikuler akan diinformasikan setelah demo ekstrakurikuler dari divisi kesiswaan. Biaya ekstrakurikuler bervariasi bergantung pada jenis ekstrakurikulernya.

4. Apakah ada kegiatan di luar jam belajar selain ekstrakurikuler?

Ya, ada. Di SMPIT Al Haraki ada komunitas sekolah yaitu The Kipers (Alki Percussion), Alki Drawing Lovers, Sahabat Perpus Alki (SP Alki), Alki Band dan IT Club.

5. Apa itu The Kipers?

The Kipers (Alki Percussions) merupakan tim bermusik menggunakan barang bekas. Alat yang biasa dipakai adalah ember, galon, tong air, dan botol beling. Tidak jarang alat musiknya juga dikolaborasikan dengan alat musik modern seperti drum, gitar, bass, dan lain sebagainya untuk menambah variasi musik yang lebih unik. 

6. Apa itu Alki Drawing Lovers?

Alki Drawing Lovers merupakan kumpulan siswa yang menggemari kegiatan menggambar baik secara tradisional maupun digital. Di komunitas Alki Drawing Lovers siswa akan saling bertukar ilmu tentang bagaimana menggambar yang baik serta metode yang tepat untuk menghasilkan karya yang bagus. 

7. Apa itu SP Alki?

SP Alki atau singkatan dari Sahabat Perpustakaan Al Haraki merupakan komunitas siswa SMPIT Al Haraki yang anggotanya berperan sebagai duta Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto. Selain membantu dalam kegiatan pengolahan dan pelayanan perpustakaan serta menjadi penggerak Gerakan Literasi Sekolah (GLS), SP Alki juga berkontribusi dalam kegiatan promosi perpustakaan di SMPIT Al Haraki.

8. Apa itu ALKI BAND?

Komunitas di SMPIT Al Haraki yang mewadahi siswa dan siswi yang berbakat dalam bidang musik. 

9. Apa itu IT Club Alki?

IT Club Alki adalah komunitas yang mewadahi minat siswa dalam bidang IT. Kegiatan yang dilakukan oleh IT Club Alki antara lain pengenalan device, merakit komponen dan pembelajaran perangkat lunak dan aplikasi.

10. Apakah ada kegiatan pengembangan karakter siswa melalui kegiatan keorganisasian? Dan selama pandemi apakah organisasi masih tetap berjalan?

Ya, ada. SMPIT Al Haraki memberikan kesempatan siswa dan siswi untuk mengembangkan karakternya melalui organisasi-organisasi, antara lain: MPS (Majelis Permusyawaratan Sekolah), BEST ( Badan Eksekutif Siswa Terpadu), PASSUS PRAMUKA (Pasukan Khusus Pramuka) dan KKR ( Kader Kesehatan Remaja). Selama pandemi, kegiatan keorganisasian masih terus berjalan dan siswa organisasi juga turut terlibat dalam setiap kegiatan kesiswaan di SMPIT Al Haraki.

11. Sebagai sekolah Islam Terpadu, bagaimana penerapan muatan keislaman di SMPIT Al haraki?

SMPIT Al Haraki menerapkan muatan keislaman hampir di setiap pembelajaran dan kegiatannya. Misalnya, pembiasaan Al Matsurat dan Sholat Dhuha di pagi hari, pembiasaan Sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah serta menyelipkan nilai-nilai islam dalam pembelajaran seperti berdoa sebelum belajar dan adab-adab yang baik dalam keseharian.

12. Adakah kegiatan siswa yang menunjang pembelajaran berbahasa asing atau mengenal budaya luar?

Ya, ada. Demi menunjang pembelajaran bahasa Inggris, SMPIT Al Haraki mengundang pembicara dari penutur asli dari negara berbahasa Inggris seperti Amerika, Inggris dan Australia sebagai pengajar bahasa Inggris di kelas untuk semua level selama dua pekan setiap semester. Selain itu, SMPIT Al Haraki juga memiliki kegiatan bertajuk festival kebudayaan dimana kami mengundang 8 orang penutur asli dari negara-negara di benua Amerika, Asia, Eropa dan Afrika. Para penutur asli tersebut akan mengenalkan kebudayaan di negara asal mereka dan bertukar budaya dengan beberapa budaya di Indonesia yang diperkenalkan oleh siswa.

 

SARANA & PRASARANA

1. Apakah siswa akan mendapat laptop?

Setiap siswa akan mendapatkan Chromebook sebagai sarana pembelajaran di kelas baik daring maupun luring dan pengadaannya sudah termasuk dalam investasi pendidikan di awal tahun pelajaran.

2. Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah laptop ringan yang dirancang khusus untuk penggunaan pembelajaran dengan sistem operasi Chrome OS dari Google.  

3. Apa saja keuntungan menggunakan Chromebook?

Secara teknis Chromebook disinyalir dapat menyala dan bekerja dengan waktu yang singkat. Karena sistem operasi Chromebook merupakan buatan Google, maka aplikasi-aplikasi yang juga dibuat oleh Google mampu berjalan dengan sangat baik di Chromebook. Selain itu, setiap anak akan mendapatkan akun email pribadi berdomain sekolah, yang bisa digunakan sebagai media penyimpanan digital tanpa batas kuota. Sekolah memiliki lisensi untuk melakukan kontrol penuh terhadap penggunaan Chromebook sebagai bagian dari pengawasan dan penerapan digital citizenship pada siswa.

4. Bagaimana dengan kondisi sanitasi dan kebersihan sekolah?

Alhamdulillah, SMPIT Al Haraki mendapat predikat sekolah sehat tingkat provinsi yang artinya secara pengelolaan dan penerapan kehidupan bersih SMPIT Al Haraki sudah mampu melakukan yang terbaik. 

5. Apakah perpustakaan sekolah mampu menjadi penunjang pembelajaran yang baik di SMPIT Al Haraki.

Alhamdulillah, Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto, sebagai Perpustakaan SMPIT Al Haraki, mendapat predikat perpustakaan sekolah terbaik se-Kota Depok. Artinya program-program perpustakaan dan kegiatan literasi siswa dan guru berjalan dengan sangat baik di SMPIT Al Haraki.

6. Apakah di setiap kelas di SMPIT Al Haraki tersedia fasilitas pendingin ruangan?

Ya, di setiap kelas dan di ruang-ruang penunjang pembelajaran yang lain dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan.

7. Apakah siswa memiliki tempat penyimpanan barang pribadi di SMPIT Al Haraki?

Ya, ada. Setiap siswa mendapatkan satu unit tempat penyimpanan (loker) yang bisa digunakan untuk menyimpan keperluan pembelajaran dengan pengamanan kunci yang dibawa oleh siswa.

8. Apakah saat pembelajaran luring, setiap guru mengajar menggunakan sarana proyektor?

Setiap kelas di SMPIT Al Haraki sudah dilengkapi dengan proyektor yang bisa digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran. Selain itu, guru-guru di SMPIT Al Haraki juga senantiasa berinovasi menggunakan media penunjang pembelajaran lain yang sesuai dengan bidang studi yang diampu.

9. Bagaimana tingkat keamanan di SMPIT Al Haraki?

SMPIT Al Haraki menerapkan sistem satu gerbang yang dijaga ketat oleh tim keamanan selama 24 jam. Selain itu adanya CCTV di setiap sudut sekolah menjadi media pengawasan jarak jauh bagi tim keamanan.

10. Selain perpustakaan yang memadai, apakah SMPIT Al Haraki memiliki sarana penunjang pembelajaran lainnya?

Ya, ada. Fasilitas pendukung pembelajaran yang ada di SMPIT Al Haraki mencakup laboratorium IPA dengan laboran bersertifikasi nasional, Green Lab, laboratorium komputer lengkap, dan taman budaya yang memuat alat musik gamelan, angklung, alat musik lainnya.

Bagaimana cara pendafataran Siswa Baru Al Haraki 2023/2024?

Silahkan mendaftarkan calon siswa secara online di PSB SIT Al Haraki

Jadwal Pembukaan PSB 2023/2024

Unit SDIT = 1-25 September 2022

Unit SMPIT = 1 September – 10 Oktober 2022

Unit Preschool & SMA = 1 November 2022

Ayah dan Bunda dapat langsung melakukan pendaftaran segera setelah waktu pembelian formulir telah dibuka. Hasil seleksi calon siswa diputuskan berdasarkan hasil tes observasi, wawancara dan juga jumlah ketersediaan kursi yang tersedia di masing-masing unit. Kami menyarankan Ayah dan Bunda untuk melengkapi formulir dan dokumen Pendaftaran Siswa Baru sesegera mungkin.

Kami memberikan perhatian khusus bagi siswa internal Al Haraki yang akan melanjutkan di unit selanjutnya. Perlu diketahui kami membuka pembelian formulir lebih awal bagi siswa dan orang tua existing di SIT Al Haraki.

Bagaimana Saya Memastikan Bahwa Proses Pendaftaran Saya Telah Selesai?

Silahkan log in ke akun PSB anda dan cek menu “Status Saya” di laman dashboard. Setelah anda melengkapi kuisioner orang tua siswa. Tim PSB SIT Al Haraki akan mengirimkan email notifikasi dan menghubungi Ayah dan Bunda ke nomor telepon yang tertera untuk melakukan konfirmasi.

Jika Ayah dan Bunda merasa sudah selesai melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran namun belum mendapatkan email notifikasi dan dihubungi oleh tim kami dalam waktu max 1 x 24 jam, silahkan menghubungi call center PSB kami dengan menyebutkan nama calon siswa dan nomor formulir.

Apakah Saya Harus Mengunggah Seluruh Dokumen Persyaratan Untuk Mendapatkan Jadwal Seleksi?

Iya. Formulir pendaftaran belum akan diproses sampai Ayah dan Bunda menyelesaikan semua tahap pendaftaran. Silahkan log in ke dashboard PSB anda dan cek menu “Status Anda” untuk mengetahui tahap pendaftaran selanjutnya.

Apa yang Perlu Kami Persiapkan Sebelum Melakukan Tes Seleksi?

Calon siswa yang mendaftar jenjang KB dan TK akan melakukan observasi tumbuh kembang secara online. Kami yakin setiap anak usia dini memiliki kemampuan dan kelebihan yang berbeda-beda. Maka dari itu, observasi ini bertujuan untuk memahami tingkat kematangan dan kesiapan siswa sebelum masuk ke sekolah. Calon siswa tidak perlu untuk mempelajari atau mempersiapkan materi khusus untuk observasi ini.

Calon siswa SD akan melakukan observasi perkembangan kognitif secara online, hal ini bertujuan untuk melihat tingkat kematangan berpikir calon siswa untuk memasuki jenjang sekolah dasar. Calon siswa SD tidak diwajibkan untuk bisa membaca dan menulis pada saat observasi.

Calon siswa SMP dan SMA akan melakukan Tes Kemampuan Dasar dan wawancara calon siswa (khusus SMA). Pertanyaan yang diberikan tidak jauh seputar materi dasar yang dipelajari di jenjang sekolah sebelumnya.

Selain itu, wawancara dengan orang tua siswa juga akan dilaksanakan di jadwal yang sama dengan tes calon siswa.

Apakah Sesi Wawancara Wajib Dihadiri Kedua Orang Tua?

Kami belajar banyak dari interaksi personal dengan putra-putri Anda. Kami ingin melihat bagaimana ananda dapat terlibat dan mendapatkan manfaat dari Program Kegiatan yang ada di SIT Al Haraki. Wawancara ini merupakan kesempatan besar bagi kami untuk berkenalan dengan Ayah dan Bunda dan berbagi informasi yang dapat membantu perkembangan pendidikan ananda. Maka dari itu, kami mengharapkan kehadiran kedua orang tua secara langsung.

Apakah Sesi Wawancara Wajib Dihadiri Kedua Orang Tua?

Kami belajar banyak dari interaksi personal dengan putra-putri Anda. Kami ingin melihat bagaimana ananda dapat terlibat dan mendapatkan manfaat dari Program Kegiatan yang ada di SIT Al Haraki. Wawancara ini merupakan kesempatan besar bagi kami untuk berkenalan dengan Ayah dan Bunda dan berbagi informasi yang dapat membantu perkembangan pendidikan ananda. Maka dari itu, kami mengharapkan kehadiran kedua orang tua secara langsung.

Apakah Saya Dapat Bertemu Langsung Dengan Tim PSB?

Kami selalu senang bertemu dengan calon keluarga SIT Al Haraki. Tim Pendaftaran Siswa Baru kami dapat menjawab pertanyaan Anda tentang proses penerimaan, jadwal, dan persyaratan. Silakan menghubungi kami via telepon, WA call center atau email untuk menjadwalkan janji temu dengan tim kami. Ayah dan bunda juga bisa menjadwalkan sesi kunjungan virtual dengan mengisi form disini

Haraki Preschool

Telp : 021-29868006

WA : 0812 7179 8061

email: psb.preschool@alharaki.sch.id

SDIT Al Haraki

Telp : 021-7777008

WA : 0812 7179 8062

email: psb.sdit@alharaki.sch.id

SMPIT Al Haraki

Telp : 021-77206440

WA : 0812 7179 8063

email: psb.smpit@alharaki.sch.id

SMAIT Al Haraki

WA : 0812 7179 8064

email: psb.smait@alharaki.sch.id

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran dibayarkan pada saat calon siswa mendaftar PSB SIT Al Haraki.

Investasi Biaya Pendidikan

Silahkan menghubungi Tim PSB kami di call center yang tersedia untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah investasi biaya pendidikan. Biaya tersebut akan dibayarkan satu kali di awal.

Biaya Daftar Ulang

Terdapat biaya daftar ulang yang dibayarkan di awal tahun pelajaran. Jumlah biaya berbeda-beda di setiap tingkatan kelas mulai dari 2.500.000 – 4.000.000 dan akan diinformasikan di setiap awal tahun pelajaran. Biaya tersebut diluar biaya kegiatan Tahfidz Camp dan English Camp.

Batas Waktu Pembayaran 

Calon siswa yang lulus tes seleksi PSB SIT Al Haraki 2023/2024 diminta menyelesaikan administrasi pembayaran maksimal 10 hari setelah dinyatakan lulus.

Biaya Ekskul, Catering dan Antar Jemput

Biaya investasi pendidikan belum termasuk biaya ekstrakurikuler, catering sekolah dan antar jemput. Biaya ekstrakurikuler akan dibayarkan setiap awal tahun pelajaran. Kami akan mengirimkan invoice pembayaran catering dan antar jemput bersama biaya SPP setiap bulan.