Sekilas Al Haraki

Gambaran singkat sekolah Al Haraki

SEKILAS SIT AL HARAKI

Di bawah naungan Yayasan Akbar, diawali dari misi kegiatan sosial untuk warga di tahun 1998..

Terbentuklah TPA Akbar, sebuah Taman Pendidikan Al Quran yang fokus untuk mendidik anak – anak usia dini. Untuk menyelenggarakan Pendidikan yang berkesinambungan, Yayasan Akbar mendirikan Sekolah Islam Terpadu Al Haraki pada tahun 2002 diawali dengan pembangunan SDIT Al Haraki yang mulai membuka pintu bagi siswa – siswi sekitar Jalan Pemuda di tahun pelajaran 2003/2004.

Antusiasme masyarakat Kota Depok yang besar untuk mendapatkan pendidikan akademik yang terintegrasi dengan nilai – nilai islami dan pembentukan karakter, memberikan semangat untuk semakin meningkatkan pelayanan dan fasilitas di lingkungan SIT Al Haraki. Pada tahun pertama, gedung sekolah yang kecil dengan satu kelas hanya terdiri dari 17 siswa sekolah dasar. Saat ini, SDIT Al Haraki dipercaya oleh masyarakat Kota Depok untuk mendidik lebih dari 760 siswa tingkat SD dengan didukung lebih dari 70 tenaga pendidik dan kependidikan.

Pada tanggal 11 November 2011, didukung orang tua murid dan masyarakat, SIT Al Haraki mendirikan SMPIT Al Haraki dimulai dengan 60 siswa di angkatan pertama. Sejalan dengan prioritas kami untuk mengajarkan nilai – nilai islam, kegiatan kewirausahaan dan kunjungan nasional dan mancanegara menjadi keunggulan untuk menumbuhkan siswa – siswi yang memiliki jiwa tangguh, berakhlak mulia, mandiri dan berwawasan global. Di tahun pelajaran 2019/2020 SMPIT Al Haraki memiliki lebih dari 350 siswa aktif dan telah meluluskan 477 alumni.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan pendidikan bagi anak usia dini, berbekal oleh keinginan untuk memberikan pola pendidikan yang matang dan berkelanjutan, pada tanggal 17 Juli 2017 SIT Al Haraki kembali memperluas syiar pendidikan dengan membuka kelas Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain. Haraki Preschool bersiap untuk membentuk pola pikir dan karakter anak yang cerdas, kritis, kreatif dan komunikatif dengan mengusung 6C’s Haraki Preschool Educational Program.

Semangat dan dukungan yang diterima untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan akan menjadi acuan untuk tetap memberikan pelayanan pendidikan dan fasilitas terbaik untuk siswa siswi SIT Al Haraki yang pada tahun 2019 menaungi lebih dari 1200 siswa dan 170 tenaga pendidik dan kependidikan. Kedepannya, pendirian SMA yang telah dimulai pada tanggal 10 Oktober 2019 dan Haraki Islamic Center akan menjadi prioritas utama untuk memenuhi pendidikan berkelanjutan yang akan membentuk generasi rabbani yang cerdas, berakhlak, dan berkarakter.

In Memoriam PENDIRI SIT AL HARAKI

Almarhumah Ibu Hj. Siti Haruki Bambang Suryanto

 

Nasehat beliau yang selalu teringat dan yang tak pernah terlupakan pada kita semua adalah

“Libatkan semua anggota keluarga untuk membina, mengasuh dan mendidik anak. Jadilah orang tua pendengar yang baik bagi putra-putrinya, mulailah dari lingkup yang terkecil, yaitu lingkup keluarga, sekolah dan lingkungan.”

“Kembangkanlah kehalusan perasaan anak melalui bacaan-bacaan novel & sastra, baik dalam maupun luar negeri, dorong agar anak-anak gemar membaca.”

Melatih anak berdialog dengan Allah swt. dengan memahami bacaan dalam sholat, kata bijaksana dari beliau:

“Kalimat-kalimat yang baik, doa-doa yang baik, tulis di tempat yang mudah dilihat, untuk membiasakan anak membaca yang baik-baik sebagai petunjuk, pembelajaran dan membiasakan anak berdoa dengan khusuk.”

PENGANTAR DIREKTUR PENDIDIKAN SIT AL HARAKI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur tak henti-hentinya kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Shalawat serta salam semoga selalu terlimpah pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, serta keluarga, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia dan kemuliaan martabat manusia. Dengan pendidikan, maka manusia yang unggul secara akhlak dan akademik akan terbentuk. Hal inilah yang melandasi SIT Al Haraki bahwa pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak bangsa.

SIT Al Haraki senantiasa mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Sekolah Islam Terpadu Al Haraki merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Akbar. Kami mengelola 3 unit satuan pendidikan secara berkesinambungan mulai dari Preschool, SD, hingga SMP.

SIT Al Haraki sangat memperhatikan penanaman nilai-nilai islam dan pembentukan karakter siswa/i, oleh karena itu, SIT Al Haraki memusatkan Pendidikan siswa/i kepada penanaman 8 karakter utama siswa/i yaitu, Berakhlak Kokoh, Berintegritas Tinggi, Berkarakter Mandiri, Berwawasan Global, Berkepribadian Tangguh, Bertanggungjawab Penuh, Berbudaya Luhur, dan Berjiwa Indonesia.

Pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai islam tidak hanya dilakukan pada mata pelajaran tertentu namun secara terpadu baik di seluruh mata pelajaran maupun aktivitas harian sehingga karakter dan nilai-nilai tersebut dapat tertanam dalam diri siswa. Pengembangan kecerdasan intelegensia, emosional, spiritual kami perkuat agar kelak siswa/I menjadi pribadi yang utuh dan tangguh. Siswa/i dilatih untuk menganalisa dan menyelesaikan masalah, berpikir secara kritis dan kreatif dengan mengembangkan solusi alternatif.

Dalam melaksanakan amanah besar ini kami bersinergi dengan orangtua, komite dan lembaga masyarakat. Komunikasi dan dukungan ketiga unsur ini menjadi penguat langkah kami kedepan dalam mengembangkan pendidikan dan mewujudkan Generasi Rabbani.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Susi P. Krisnawan
Direktur Pendidikan SIT Al Haraki