WEBINAR SMALKI SOCIOPRENEUR

Dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai entrepreneurship, SMAIT Al Haraki mengadakan kegiatan SMALKI Sociopreneur. Kegiatan SMALKI Sociopreneur adalah kegiatan yang memberikan pengetahuan dan wawasan langsung kepada peserta didik SMAIT Al Haraki mengenai entrepreneurship khususnya UMKM yang tergolong social enterprise. Salah satu rangkaian kegiatan SMALKI Sociopreneur adalah Webinar SMALKI Sociopreneur yang mengusung tema Creating Impactful Social Enterprise. Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Senin 29 Maret 2021 secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan webinar dimeriahkan oleh pembicara yang berpengalaman di bidang entrepreneurship dan IT yakni Ketua Jawara Depok dan Internet Marketing Practitioner.

Kegiatan Webinar SMALKI Sociopreneur ini dipandu oleh Ananda Muhammad Aidil Fadli selaku MC dan dibuka oleh Kepala SMAIT Al Haraki Ibu Siti Maidona, S.Si. Kegiatan webinar ini diawali dengan tilawah Alquran yang dilantunkan oleh Ananda Muhammad Akbar Hakim dan disempurnakan dengan pembacaan doa oleh Ananda Widya Hani. Kegiatan webinar SMALKI Sociopreneur juga dihadiri oleh Asisten Direktur SIT Al Haraki Ibu Rizky Rahma Krisnayanti, M.Sc dalam sambutannya beliau berharap kegiatan SMALKI Sociopreneur ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang entrepreneurship. 

Masuk pada acara inti dari Webinar SMALKI Sociopreneur yakni Talkshow mengenai kewirausahaan yang disampaikan oleh Bapak Ubaidillah, S.E.I yang saat ini menjabat sebagai Ketua Jawara (Jaringan Wirausaha) Kota Depok. Dalam talkshow tersebut beliau menyampaikan mengenai kelebihan menjadi seorang pengusaha. Beliau juga menyampaikan lini bisnis di berbagai bidang seperti lini bisnis kuliner, lini bisnis kesehatan dan kecantikan, lini bisnis kerajinan, lini bisnis pertanian, lini bisnis peternakan, dan lini bisnis fashion. Selain itu, beliau juga menyampaikan bagaimana cara memulai bisnis dan memahami bisnis yang akan dibangun melalui strategi bisnis 4P (product, place, price, dan promotion).

Talkshow yang kedua disampaikan oleh Kak DeYe Trissusanto yang saat ini berprofesi sebagai Internet Marketing Practitioner. Dalam talkshownya beliau menyampaikan peran teknologi dalam mengembangkan promosi sebuah produk. Beliau menjelaskan perbedaan antara internet marketing dan digital marketing. Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai Business Model Canvas sebagai salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perencanaan bisnis.