Webinar “Know Your Passion and Improve it!” SMPIT Al Haraki

Webinar “Know Your Passion and Improve it!” SMPIT Al Haraki

Kegiatan Haraki Cup adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh SIT Al haraki. Di tahun 2020 ini, kegiatan Haraki Cup selain dilaksanakan gabungan semua unit, dan terbuka untuk umum, pelaksanaannya juga dipecah ke masing-masing unit sekolah salah satunya adalah SMPIT Al haraki. Haraki Cup di SMPIT Al Haraki bertema “Know Your Passion and Improve it” ini berlangsung dari tanggal 01-10 November 2020. Kegiatannya terbagi menjadi dua, yang pengumpulan materi lomba dan webinar Haraki Cup SMPIT Al haraki.

Lomba-lomba yang dilaksanakan di kegiatan internal SMPIT Al haraki terdiri dari 7  lomba. Lomba menulis cerpen, menulis puisi, fotografi, cover lagu religi, dan video tutorial memasak diupload di link yang sudah tersedia oleh peserta lomba. Untuk lomba ranking 1,  babak penyisihan dimasing-masing kelas dilaksanakan dengan didampingi oleh wali kelas dan asisten wali kelas pada tanggal 06 November 2020. Sedangkan untuk babak final baik rangking 1 maupun tahfidz sama-sama diselenggarakan secara live melalui zoom meeting bersamaan dengan kegiatan webinar internal SMP.

Webinar internal SMPIT Al haraki yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Haraki Cup 2020 ini dilaksanakan melalui zoom meeting pada hari Selasa, tanggal 10 November 2020 dengan mengundang dua orang pembicara,  yakni  Sulthan Fariz dan Alvi Syahrin. Sulthan Fariz adalah alumni SMP IT Al Haraki yang saat ini tengah menekuni bidang fotografi. Sedangkan Alvi Syahrin merupakan seorang penulis buku best seller.

Kegiatan Webinar internal ini dibuka oleh MC pada pukul 07.30 wib. Sebelum menginjak ke pembukaan kegiatan, peserta terlebih dahulu menyaksikan kegiatan babak final dari lomba tahfidz SMPIT Al Haraki. Setelah dibuka dengan pembacaan tilawah dan doa, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMPIT Al Haraki dan Ketua Komite SMPIT Al Haraki.

Tepat pukul 08.30 wib, sesi talkshow bersama Sulthan Fariz dimulai. Pembicara sesi pertama ini hadir secara langsung di SMPIT Al Haraki. Sulthan memulai kegiatan talkshow dengan bercerita bagaimana dia menemukan passionnya dan bagaimana perjalanan dia untuk mengembangkan passion tersebut ke arah profesional. Sulthan juga menayangkan beberapa penghargaan yang telah diraihnya untuk memotivasi siswa-siswi SMPIT Al Haraki untuk bisa berkarya seperti dia. Talkshow sesi pertama berjalan dengan lancar dan siswa antusias untuk bertanya hobi yang bisa mereka kembangkan dan menghasilkan.

 Sesi kedua talkshow bersama Alvi Syahrin dimulai pada pukul 09.40 wib. Pada sesi kedua, Alvi Syahrin Menyampaikan materi bertema “Think I wish I knew” yang membahas hal-hal yang sering ada dipikirkan usia pelajar, namun tidak sesuai dengan kenyataan. Selain itu Alvi juga menceritakan bagaimana awalnya ia menemukan passionnya di bidang penulisan. Siswa sangat tertarik dengan tema yang dibahas karena materinya sangat berkaitan erat dengan kehidupan siswa sehari-hari. Sesi ditutup dengan pertanyaan dari 3 orang peserta kepada Alvi Syahrin salah satunya adalah peserta dari luar SMPIT Al Haraki.

Setelah kedua sesi talkshow berakhir, acara dilanjutkan dengan melanjutkan pelaksanaan babak final tahfidz. Kemudian acara dilanjutkan dengan pelaksanaan babak final rangking 1 hingga pukul 12.15 WIB. Setelah pelaksanaan lomba, kegiatan webinar internal SMPIT Al Haraki ditutup dengan pengumuman pemenang masing-masing lomba yang telah diikuti dari tanggal 01-10 November 2020 yang disampaikan oleh MC Pak Jayandi dan Guntur 8 Al Mulk.