WEBINAR BULAN BAHASA LEVEL 1-3: MENDONGENG

WEBINAR BULAN BAHASA LEVEL 1-3: MENDONGENG

Bulan bahasa merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun di SDIT Al Haraki. Kegiatan ini berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 silam. Kegiatan Bulan Bahasa tahun ini mengusung tema “Merangkai Bahasa, Merajut Cita, Membangun Cinta untuk Indonesia.

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan Bulan Bahasa yaitu untuk menjadikan siswa-siswi SDIT Al Haraki tetap berprestasi, kreatif dan inovatif  dengan meningkatkan literasi di tengah pandemi. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini harapannya dapat membentuk karakter siswa SDIT Al Haraki berakhlak kokoh, berintegritas tinggi, berwawasan global, bertanggung jawab penuh, dan berjiwa Indonesia.

Kegiatan Bulan Bahasa terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan diantaranya, kegiatan lomba-lomba dan Webinar Kebahasaan. Siswa level 1 dan 2 mengikuti kegiatan lomba menceritakan gambar berseri, menggambar, dan baca puisi. Tak hanya siswa yang mengikuti perlombaan Bapak/Ibu Guru SDIT Al Haraki juga memeriahkan kegiatan Bulan Bahasa dengan mengikuti lomba membuat video pembelajaran dan membuat vlog review buku.

Kegiatan Bulan Bahasa ditutup dengan Webinar yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 November 2021. Rangkaian kegiatan Dongeng Online terdiri dari registrasi peserta yang terdiri dari siswa level 1 sampai 3 SDIT Al Haraki, pembukaan oleh Ibu Dinda Kelsi Praminda, S.Pd selaku MC, tilawah dan doa yang dibacakan oleh Bapak Ahmad Sharifudin, dilanjutkan penayangan video-video lomba, sambutan yang disampaikan oleh Bapak Hidayat, S.Pd.I selaku kepala SDIT Al Haraki, dan dilanjutkan sambutan oleh ketua komite SDIT Al Haraki ibu Nurafriyanti Saridewi, S.Sos dan dilanjutkan dengan penayangan video lomba level 1 sampai 3, lalu mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh Kak Ojan secaranonline. Dongeng yang disampaikan oleh Kak Ojan sangat inspiratif dan seru. Kegiatan ini bertujuan dapat meningkatkan literasi siswa di masa pandemi dalam hal bercerita dan juga sebagai hiburan atau rekreasi siswa yang positif dan bermakna. Para siswa begitu antusias mengikuti kegiatan mendongeng. Banyak sekali siswa yang antusias ingin bertanya kepada Kak Ojan terkait dongeng. Setelah Kak Ojan menyampaikan materi ada sesi foto bersama dengan seluruh peserta webinar. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan diakhiri dengan penutupan.