.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Setiap lembaga pendidikan tentu melakukan pengendalian mutu pendidikan dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar melalui pemetaan mutu sekolah, penilaian proses dan hasil belajar secara bertahap, dan berkelanjutan. Penilaian merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam sistem pendidikan saat ini. Salah satu cara melihat peningkatan kualitas pendidikan dari nilai-nilai yang diperoleh peserta didik.

Penilaian adalah penerapan berbagai cara dalam penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi peserta didik. Selain itu, pengembangan sistem dan alat ukur penilaian yang lebih efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan juga perlu direncanakan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sistem penilaian yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran, sehingga akan membantu guru merencanakan strategi pembelajaran dan mampu memberikan motivasi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Salah satu aspek penilaian tersebut yaitu penilaian keterampilan melalui tes praktik, proyek, dan produk. SDIT Al Haraki mewadahi  semua aspek penilaian tersebut dalam kegiatan Ujian Praktik siswa level 6 (UPRAK).

Pelaksanaan rangkaian ujian praktik (UPRAK) SDIT Al Haraki tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan pada Senin-Selasa, 13-14 Februari 2023 dan Senin-Jum’at, 20-24 Februari 2023. Ujian Praktik diikuti oleh 126 siswa level 6 SDIT Al Haraki. Adapun mata pelajaran yang diujikan yaitu PAI, Bahasa Indonesia, Komputer, IPA, Musik, IPS, Arabic, Sport, English, Bahasa Sunda, PPKn, Matematika dan Art.

Adapun materi yang diujikan setiap mata pelajaran antara lain PAI melakukkan praktik cara sholat, dzikir & doa, wudhu, mandi wajib, dan tayamum; Bahasa Indonesia/IPA/IPS/Komputer mempresentasikan laporan hasil pengamatan, penelitian, atau proyek melalui goggle slide; Matematika/Art mempresentasikan hasil projek dari penyajian dan pengolahan data; PPKN/IPS mempresentasikan proyek berupa diorama tentang kebudayaan Indonesia; Bahasa Arab yaitu mendemonstrasikan kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis tentang kegiatan di rumah dan di sekolah; Bahasa Inggris menilai 2 aspek yaitu speaking : story telling dan writing : take the summary from the story; Bahasa Sunda menceritakan kembali carpon Bahasa Sunda; Olahraga melakukan gerakan senam irama; dan musik memainkan sebuah lagu nasional dengan alat musik pianika dan memainkan sebuah lagu dengan alat musik selain pianika atau menyanyikan sebuah lagu sebagai alternatif.

Semoga dengan ujian praktik ini, siswa lulusan SDIT Al Haraki menjadi pemimpin masa depan yang cerdas, berintegritas tinggi, berwawasan global, berkarakter, dan bertanggung jawab. Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan bagi kita selaku orang tua dan pendidik untuk menjadi teladan yang baik untuk siswa SDIT Al Haraki.

Penulis : Ibu Melly