Ujian Praktik Level 9 Tahun 2020

Ujian Praktik Level 9 Tahun 2020

Ujian praktik (UPRAK) level 9 SMPIT AL HARAKI telah dilaksanakan pada tanggal 17-21 Februari 2020. UPRAK merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh siswa level 9 yang pelaksanaannya mengacu kepada standar kelulusan. Kegiatan ini bertujuan agar siswa tidak hanya memahami pelajaran secara teori tetapi juga dapat mempraktikkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain tujuan lain dari UPRAK ini adalah untuk memunculkan karakter-karakter yang ingin ditanamkan pada siswa, seperti sikap mandiri, disiplin, percaya diri, berwawasan global, dll.

Terdapat 10 mata pelajaran yang diujikan di UPRAK, antara lain: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Sunda, IPA, Al Qur’an, PAI, PJOK, Seni Budaya dan Prakarya. Setiap harinya selama sepekan kegiatan UPRAK terbagi menjadi dua sesi yaitu pukul 07.30-09.30 wib untuk sesi 1 dan 10.00-12.00 wib untuk sesi 2. Masing-masing siswa akan melaksanakan dua mata pelajaran UPRAK di mana jadwal UPRAK sudah tercantum pada booklet yang telah dibagikan pada bulan Januari 2020 saat pertemuan OTM level 9.

Selama lima hari tersebut siswa diminta untuk mengikuti kegiatan UPRAK dengan membawa alat dan bahan yang diperlukan. Dalam hal ini, siswa diajarkan untuk mandiri dalam menyiapkan alat dan bahan, selain itu siswa juga diajarkan tentang kedisiplinan dengan datang tepat waktu dan selalu membawa kartu peserta yang telah dibagikan di hari pertama.

Adapun kegiatan UPRAK yang baru tahun ini adalah adanya kegiatan UPRAK Bahasa Sunda dimana siswa diminta untuk menggunakan busana daerah Sunda ketika membawakan lagu Sunda, hal ini dilakukan agar siswa semakin mencintai kebudayaan daerah Jawa Barat. Selain itu, karakter percaya diri juga diharapkan muncul pada diri siswa melalui praktik pidato di Bahasa Indonesia dan mempresentasikan advertisement yang telah dibuat pada mata pelajaran Bahasa Inggris.