Ujian Praktik Level 9 Live Melalui Zoom

Ujian Praktik Level 9 Live Melalui Zoom

Level 9 mempunyai rangkaian ujian sebelum pada akhirnya mencapai kelulusan. Salah satu dari ujian tersebut adalah Ujian Praktik. Sejatinya, ujian praktik dilaksanakan secara bertatap muka antara siswa dan guru penguji. Namun, karena pandemi masih melanda negeri, ujian dilaksanakan secara 2 cara yaitu ujian langsung  daring melalui zoom meeting dan berbentuk projek. Ujian Praktik berbentuk proyek dimulai pada tanggal 8 Maret 2021 yang diujikan oleh mata pelajaran Prakarya, dilanjutkan dengan Bahasa Sunda dan PJOK, sedangkan pelaksanaan ujian secara daring berlangsung pada tanggal 29 maret hingga 31 maret 2021 yang diikuti oleh 117 siswa yang diuji oleh 5 mata pelajaran. Sebelum ujian dimulai, siswa terlebih dahulu sudah dibagi kedalam 6 kelompok besar yang nantinya pada masing-masing kelompok akan mendapat 2 mata pelajaran yang diujikan. Ujian Praktik secara daring dibagi kedalam 2 sesi, yakni sesi 1 pada pukul 08.00-10.00 WIB dan sesi 2 pada pukul 10.30-12.30 WIB.

Pada hari senin,tanggal 29 Maret 2021 telah berlangsung Ujian Praktik secara daring dengan 5 mata pelajaran; Bahasa Inggris, PAI, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan IPA. Namun, mata pelajaran IPA dibagi kedalam 2 ujian, yakni bidang Fisika dan Biologi. Meskipun dilaksanakan dari rumah siswa masing-masing, antusias siswa tidak berkurang untuk menyiapkan bahan-bahan serta persiapan mereka untuk mengikuti ujian ini.

Pada hari selasa, tanggal 30 Maret 2021, Ujian Praktik secara daring berjalan sangat lancar. Masing-masing mata pelajaran ditempatkan pada satu breakout room dan mengakhiri ujian pada hari kedua tanpa hambatan yang berarti. Hal ini pun berlangsung sampai dengan hari ke-3. Kegiatan ujian praktik ditutup dengan adanya kegiatan projek Seni Budaya sampai dengan tanggal 2 April.

Pandemi memaksa kita untuk bersahabat dengan teknologi, tentunya ada tantangan dibalik pemakaian teknologi itu sendiri. Ujian Praktik secara daring menjadi pengalaman sekaligus pencapaian dalam mengembangkan kemampuan teknologi yang diterapkan oleh SMPIT Al Haraki.