Tarhib Ramadhan 1442 H SMPIT Al Haraki

Tarhib Ramadhan 1442 H SMPIT Al Haraki

“Menyambut indahnya Ramadhan di tengah pandemi”

Salah satu yang menjadi unggulan SMPIT Al Haraki adalah terdapat beragam organisasi yang mewadahi minat dan bakat siswa. Adapun organisasi-organisasi tersebut adalah BEST (Badan Eksekutif Siswa Terpadu), PASSUS (Pasukan Khusus), MPS (Majelis Permusyawaratan Siswa (MPS) dan KKR (Kader Kesehatan Remaja). Keempat organisasi ini bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadhan 1442 H. Kegiatan ini dilaksanakan pada, Jumat, 9 April 2021 melalui zoom meeting.

Kegiatan dibuka oleh Roro Muti dan Muhammad Daffa selaku MC. Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan sambutan. Sambutan diberikan oleh perwakilan siswa organisasi yakni Sangga Arsa Radin dan Zalfa Tanjung. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M. Pd. I

Sebelum memasuki kegiatan inti, yakni tausiyah yang akan disampaikan oleh Bapak M. Jayandi S. Pd. I ada informasi yang diberikan oleh Ibu Nikmatul Aini, S. Pd selaku perwakilan dari Bidang Kesiswaan SMPIT Al Haraki yang menyampaikan informasi terkait Pesantren Ramadhan yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 5 Mei 2021. Nantinya kegiatan Pesantren Ramadhan ini berisikan beberapa kegiatan seperti ceramah, pendalaman materi yang berkaitan dengan ramadhan, diskusi, kuis dan demonstrasi.

Adapun tema yang diangkat oleh Pak Jayandi dalam kegiatan Tarhib Ramadahan 1442 H ini adalah “Menyambut Indahnya Ramadhan di tengah pandemi” Kegiatan Tarhib Ramadhan di dua tahun belakangan ini terasa berbeda. Tidak ditemukan kegiatan penyambutan kedatangan bulan suci Ramadhan di Hall SMPIT Al Haraki dengan mendengarkan tausiyah langsung dan makan bersama. Meski demikian perasaan untuk menyambut kedatangan bulan penuh ampunan ini harus tetap membuncah, perasaan bahagia harus tetap menguar dari hati dan pikiran.

Rasa syukur harus juga dipanjatkan atas nikmat sehat sehingga di Ramadhan 1442 H Allah masih memberikan kesehatan dan umur panjang. Karenanya salah satu hal yang harus dilakukan saat bertemu kembali dengan ramadhan adalah semangat beribadah. Beribadah di bulan ramadhan tentunya memiliki keistimewaan luar biasa seperti bertambahnya pahala yang dilipat gandakan berkali lipat hingga kekhusyukan beribadah yang akan mudah didapatkan karena beribadah di bulan Ramadhan sudah dipastikan tanpa gangguan jin dan setan.

Selain itu keisitimewaan datang dari bulan Ramadhannya sendiri. Dalam Quran surat Al Baqarah ayat 185 dengan lugas menyampaikan mengenai keistimewaan bulan Ramadhan.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS Al Baqarah: 185)

Adapun bekal yang dapat dipersiapkan untuk menyambut datangnya bulan ramadhan yang pertama adalah bekal ilmu. Perbanyak ilmu dan perbaharui ilmu-ilmu yang berkaitan daengan bulan ramadhan. Kedua adalah memperbanyak istighfar. Selain untuk memohon ampun kepada Allah, istighfar juga diamalkan untuk menghindari dosa, menyesali dosa yang telah lalu, dan bertekad tidak melakukannya di masa akan datang. Dan bekal yang terakhir adalah bekal doa dengan banyak memohon kemudahan, memperbesar rasa tawakal serta bergantung kepada Allah. “Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam beribadah di bulan Ramadhan oleh Allah SWT. Aamiin” tutup Pak Jayandi mengakhiri tausiyahnya. Acara Tarhib Ramadhan 1442 H SMPIT Al Haraki ditutup dengan pembacaan doa dan kuis menarik yang diikuti oleh seluruh siswa SMPIT Al Haraki.

Selamat menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh suka cita. Marhaban ya Ramadhan!