.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Al-Qur’an adalah kalam Allah Swt. yang diturunkan untuk menjadi pedoman hidup, merupakan sumber ilmu pengetahuan, akhlak, kekuatan keimanan bagi seluruh manusia. Begitu banyak keutamaan bagi umat muslim yang membaca Al Quran, seperti mendapatkan syafa’at di hari kiamat, diberi mahkota pada hari akhir untuk kedua orang tua yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari, ditempatkan di surga yang paling tinggi, dan masih banyak keutamaan lainnya. Maka dapat disepakati bahwa Al Quran adalah rahmat dan petunjuk tidak hanya untuk umat muslim namun juga untuk seluruh umat manusia di dunia yang mengimaninya dan mengamalkannya.

Maka dari itu, SDIT Al Haraki sebagai salah satu sekolah yang memiliki tujuan mulia untuk membina generasi Qurani dan Rabbani yang mencintai Al-Qur’an, memiliki program unggulan yaitu siswa mampu menghafal juz 30, 29, dan 28, melalui pembiasaan yang dilaksanakan sejak siswa/i berada di kelas 1 sampai dengan kelas 6 untuk menghafal Al-Qur’an dengan dibimbing oleh Bapak dan Ibu Guru pengajar Al-Quran setiap harinya, dan didukung dengan kegiatan belajar mengajar yang juga menanamkan nilai-nilai yang berpedoman pada Al-Qur’an. Pembiasaan yang berulang setiap hari ini diartikan adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mendidik dan membiasakan peserta didik berfikir, bersikap, bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran Islam yang berlandaskan dengan Al-Qur’an.

Pada penghujung level 6 ini diharapkan siswa/i sudah mampu membaca dan menghafal Juz 28 secara tartil. Maka dari itu, telah diadakan kegiatan Tahfidz Camp yang bertempat di Akbar EduCamp Cigombong, Bogor, pada hari Selasa-Kamis, 26-28 Maret 2024 bertepatan pada bulan Ramadhan 2024M/1445 H.

Kegiatan ini mengambil tema, “Menghidupkan Generasi Muslim yang Berakhlak Mulia dengan Membumikan Al-Qur’an” bertujuan untuk mensupport siswa/i agar lebih focus dalam meningkatkan hafalan dan kualitas bacaan Al-Qur’an Juz 28. Penggunaan metafora bumi-langit untuk merujuk pada membumikan al-Qur’an dan berkaitan dengan jika manusia membiasakan diri membaca al-Qur’an maka Allah akan mengangkat derajatnya dan al-Qur’an akan menjadi penolong di akhirat nanti. Berhubungan dengan ini diharapkan bahwa siswa/i SDIT Al Haraki menjadi generasi yang dekat dengan al-Qur’an, menjadikannya petunjuk dalam hidup, sehingga dapat menjadi bekal di akhirat kelak.

Adapun rangkaian kegiatan Tahfidz Camp Level 6 antara lain Pra-Tahfidz Camp di sekolah guna memperlancar bacaan dan pemantapan hafalan al-Qur’an serta membangun harmonisasi antara anggota dengan guru mentor al-Qur’an dan guru pendamping, Tahfidz Camp di Akbar EduCamp Cigombong yang bertujuan untuk ziyadah dan pemantapan hafalan,  pembinaan bacaan al-Qur’an (Tartilul Qur’an), Tasmi’ al-Qur’an, Munaqasyah Juz 28 (tes hafalan), pembiasaan shalat sunnah seperti dhuha dan tahajud, dan fun games. Serta karena kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan, maka acaranya melingkupi buka puasa bersama, sahur bersama, dan shalat tarawih bersama. Kemudian, terdapat juga motivation training yang disampaikan oleh Bapak H. Aris Ahmad Jaya, DVM, MM. untuk memotivasi siswa/i menjadi pribadi yang cinta al-Qur’an. Alhamdulillah atas ridho Allah, seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar, khidmat dan berkesan bagi para siswa/i Level 6 SDIT Al-Haraki. Besar harapan dan doa kami agar kegiatan ini dapat menjadi sebuah ikhtiyar dalam mencetak generasi Qur’ani dan Rabbani yang kelak dapat membuat agama Islam tetap kokoh berdiri sepanjang masa dan dapat memberikan syafaat bagi siswa/i SDIT Al-Haraki, seluruh orangtua murid, keluarga serta guru dan karyawan SDIT Al Haraki di yaumul akhir nanti.

(Penulis : M. Asep Awaludin, M.Pd & Anni Rachmayani, S.Pd.)