Sosialisasi PERDA Kota Depok Tentang Kegemaran Membaca

Sosialisasi PERDA Kota Depok Tentang Kegemaran Membaca

Minat baca warga di Kota Depok, Jawa Barat berada pada peringkat tinggi, yaitu rata-rata 63,96% pada 2018. Jumlah tersebut berdasarkan acuan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yaitu 60,1–80% yang masuk ke dalam kategori tinggi. Kondisi tersebut disampaikan Kepala Arsip dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok Siti Chaerijah saat membuka kegiatan Sosialisasi Perda Kota Depok No. 1 Tahun 2008 tentang Pembudayaan Gemar Membaca di Aula DISKARPUS Kota Depok.

SMPIT Al Haraki menjadi salah satu peserta dari kegiatan sosialisasi tersebut. Selain berasal dari lingkungan sekolah, peserta kegiatan yang diselenggarakan pada Jumat, 13 September 2019 ini mengundang praktisi pendidikan, para bunda literasi kelurahan dan kecamatan dengan tujuan dapat menjadi penggerak kegiatan membaca di Kota Depok di lingkungan masing-masing.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini Ibu Margaretha dan Ibu Yeni yang merupakan dosen di jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Indonesia. Dalam presentasinya, Ibu Margaretha memberikan pemahaman lebih jauh mengenai PERDA tersebut dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kota Depok yang telah menggeluarkan PERDA tentang kegemaran membaca.

Sedangkan Ibu Yeni lebih fokus kepada menumbuhkan kegemaran membaca. Keluarga menjadi salah satu aspek terpenting dalam kegemaran membaca anggotanya, terutama anak-anak. Dengan lugas beliau menyampaikan bahwa jika ingin mempunyai anak-anak yang gemar membaca, sebaiknya orang tua memberikan perhatian lebih dengan menemani aktivitas membaca anak dan mengurangi penggunaan gawai. Karena memberikan gawai kepada anak-anak hanya akan mengatasi masalah hari ini namun menjadi masalah yang jauh lebih besar di masa depan.

Semoga SMPIT Al Haraki mampu menjadikan siswa-siswinya memiliki kegemaran membaca dengan memanfaatkan keberadaan Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto dan turut berpartisipasi dalam menerapkan PERDA tentang Kegemaran Membaca sehingga akan semakin aktif dalam mendukung gerakan literasi nasional. Salam literasi!