Sosialisasi Kegiatan dan Pembelajaran Sekolah Level 7 dan 8

Sosialisasi Kegiatan dan Pembelajaran Sekolah Level 7 dan 8

Keberhasilan Pendidikan adalah wujud kerja sama yang apik dan membutuhkan peran antara sekolah dan orang tua. Kerja sama dan kolaborasi akan terbangun baik dengan adanya komunikasi horizontal yang baik pula. Agenda sosialisasi kegiatan dan pembelajaran sekolah ini adalah langkah awal kolaborasi dan kerja sama yang apik antara sekolah dan orang tua. Inilah yang menjadi motivasi besar diadakannya acara pertemuan OTM Level 7 dan 8 Tahun Pelajaran 2022-2023 yang merupakan serangkaian kegiatan Webinar Parenting Orang Tua Murid yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Juli 2022 dengan mengusung tema “To be Millenial Parent in the Globalization”.

Setelah memiliki persepsi yang sama melalui kegiatan webinar parenting, SMPIT Al Haraki menyelenggarakan sosialisasi Kegiatan dan Pembelajaran Sekolah untuk OTM level 7 dan 8. Kedua kegiatan ini dilaksanakan secara online pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2022 untuk Level 8 dan pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2022 untuk Level 7. Acara dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dipandu oleh Ibu Siti Nurrohmah, S. Hum. (Level 8) dan Alfirdauzi Harrizqy Widyandie, S.H., M.Kn. (Level 7) selaku MC. Setelah dibuka oleh MC acara dilanjutkan dengan tilawah Al Quran oleh Bapak Bassam Ma’mun S.Pd. dan M. Diki Lesmana, S.Pd. setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi sosialisasi oleh Waka Bidang Kurikulum Bapak Abdul Fariz Naim, S.Pd. dan Waka Bidang Kesiswaan Bapak Ahmad Hasymi, Lc.

Materi sosialisasi pertama diberikan oleh Bapak Fariz sebagai Waka Bidang Kurikulum meliputi sistem pembelajaran tatap muka yang akan diterapkan dengan sistem flipped blended learning, dimana siswa belajar materi yang telah diposting pada google classroom minimal satu hari sebelum kelas dimulai. Selain itu, pada waktu pembelajaran siswa tidak diberikan pekerjaan rumah. Point selanjutnya yang dibahas oleh waka kurikulum adalah tentang assesmen yang akan siswa terima. Adapun assesmen secara nasional yaitu AKM mapun secara sekolah (PH,PTS dan PAS).  Selain pembelajaran dan assesmen, waka kurikulum juga menyampaikan kegiatan siswa dibawah ranah kurikulum seperti student visit, entretour, dan lain lain.

Adapun pemateri kedua yakni Waka Bidang Kesiswaan menyampaikan alur kegiatan dan program yang akan siswa dapatkan selama satu tahun. alur kegiatan siswa sehari-hari dijelaskan dari siswa shalat dhuha dan memulai pembelajaran hingga shalat zuhur dan ashar di sekolah. Lalu ada pula kegiatan pekanan yang akan diikuti siswa yakni PAKEIS, muslim and muslimah activity dan lain lain. Selain itu, Waka Bidang Kesiswaan juga menjelaskan alur penjemputan dan larangan untuk siswa membawa handphone ke sekolah. Setelah pemaparan materi oleh pembicara, sosialisasi membuka sesi tanya jawab yang disambut baik oleh para orang tua siswa. Banyak orang tua siswa yang bertanya terkait kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan ekstrakulikuler yang siswa dapat ikuti di SMPIT Al Haraki.

Pertemuan Orang Tua Murid dengan adanya Sosialisasi kegiatan dan pembelajaran sekolah level 7 dan 8 berjalan dengan sangat baik. Diskusi dilakukan secara langsung maupun melalui live chat pada kolom chat. Kegiatan sosialisasi ditutup oleh MC tepat pukul 15.30 WIB. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang sangat diperlukan oleh seluruh orang tua, guru dan tamu undangan yang hadir.