SMES (Smalki English Soul)

SMES (Smalki English Soul) adalah sebuah program untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris guru-guru SMAIT Al Haraki. Program ini dibawah tanggung jawab 2 guru SMAIT Al Haraki yakni Ms. Agtifa Ila Rohmatin, S.S, M.Pd dan Mr. Fakhrur Razi, M.Pd.

Pada Jumat, 18 September 2020 program ini dilaksanakan untuk pertama kalinya.

Kegiatan belajar diawalai dengan perkenalan singkat antara pemateri dan seluruh dewan guru dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Materi pada pertemuan pertama ini adalah Personal Pronoun mencakup subject, object, possessive pronoun dan possessive adjective. Dengan menggunakan aplikasi zoom meeting kegiatan berjalan selama 60 menit.

Setelah materi disampaikan, kemudian Mr. Razy mulai menjelaskan pengaplikasian teori pada soal-soal latihan. Mr. Razy membahas 10 latihan soal dan paserta ikut aktif berdiskusi untuk menenmukan jawaban yang tepat.

Proses diskusi berjalan sangat interaktif. Semua peserta mengutarakan pendapat mereka untuk menenmukan jawban yang tepat.

Setelah berdiskusi, para peserta pelatihan diarahkan utuk  mengerjakan posttest di g-form yang telah disipakan oleh pemateri.

Sebagai kegiatan penutup, pemateri meminta kepada peserta untuk menceritakan ulang kegiatan yang telah dilaksanakan dan menyebutkan satu kata yang paling diingat saat pembelajaran. Para peserta menceritakan kesan yang sangat baik saat mengikuti kegiatan ini, dan beberapa guru juga telah meminta beberapa materi untuk dibahas di pertemuan selanjutnya. Semangat guru-guru SMALKI untuk belajar Bahasa Inggris sangat tinggi dan kemampuan beberapa guru pun sudah sangat baik.