“Smart Teachers, Let’s Develop Our Character”

Dunia pendidikan harus mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik secara komprehensif, baik kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual perlu dikembangkan secara bersama. Tak kalah penting, karakter pun perlu untuk digaungkan sehingga lahir kesadaran bersama akan pentingnya membangun karakter generasi Bangsa yang kokoh dalam menghadapi perkembangan zaman.

Selaras dengan hal tersebut, Sabtu 4 Januari 2020 Kepala Bagian Penjamin Mutu Pendidikan SIT Al Haraki menyelenggarakan pelatihan untuk seluruh guru SIT Al Haraki yang bertema “Smart Teachers, Let’s Develop Our Character” bersama nara sumber Bapak Lohjenawi Trinadi,Psikolog. Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan karakter positif dirinya sendiri agar mampu mentransfer energi positifnya kepada para siswa. Guru memiliki andil dalam pembentukan karakter siswa agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Guru tidak hanya memiliki kemampuan mengajar tapi juga harus mampu mendidik karena kompetensi mendidik tidak akan tergantikan oleh mesin secanggih sekalipun.

Pelatihan ini terbagi 2 sesi, yaitu sesi pemberian materi dan sesi sharing beberapa kasus yang dialami guru ketika di kelas. Nara sumber yang sangat interaktif dengan materinya yang sangat detail membuat para guru antusias mengikuti pelatihan ini.

Siswa tak perlu dijejalkan pelajaran
Siswa harus belajar menyelesaikan persoalan

Kebenaran guru bukan hal yang absolut
Karna siswa bukan bayi yang harus serba menurut

Guru mengajarkan berhitug
Tapi tak perlu kebaikan pun dihitung

Banyak siswa yang pelajarannya tidak dimengeti
Jangan-jangan kita mengajar setengah hati

Agar belajar menjadi proses menyenangkan
Maka karakter dan kreativitas guru perlu dikembangkan

Semoga pelatihan pengembangan karakter kali ini memberikan nilai positif dan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di SIT Al Haraki.


About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki