Siswa Level 8 SMPIT Al Haraki Juara Lomba Coding Competition Nasional

Siswa Level 8 SMPIT Al Haraki Juara Lomba Coding Competition Nasional

Momentum Pandemi Covid-19 lagi-lagi dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk meningkatkan kreativitas. Kali ini, Unika Soegijapranata mengadakan kegiatan Gecofest Coding Competition, yaitu ajang lomba berkreasi menggunakan Scratch tingkat SD dan SMP. Pada kesempatan ini, Fayyaz Ekaprana, salah satu siswa SMPIT Al Haraki menjadi salah satu perwakilan dalam mengikuti perlombaan tersebut.

Siswa yang akrab disapa Fayyaz tersebut memilih tema How to Prevent Covid-19 dan membuat gim menggunakan aplikasi Scratch yang berguna untuk mengenali gejala-gejala Covid-19 yang terjadi pada manusia dan cara mencegahnya. Dalam gim tersebut, pemain akan menjadi seorang dokter yang bertugas di sebuah bandara dan akan memeriksa setiap pengunjung yang akan masuk.

Dalam hal itu, dokter harus memberikan tindakan kepada para pengunjung sesuai dengan suhu tubuh dan gejala yang dialami oleh setiap pengunjung. Pengunjung yang memiliki suhu tubuh di bawah 36℃ akan diperbolehkan memasuki bandara, yang memiliki suhu tubuh di atas 37℃ harus dikarantina, sementara yang memiliki suhu tubuh di atas 39℃ harus segera diberikan tindakan dan dibawa ke UGD.

Pada hari Minggu, 19 Juli 2020, Fayyaz lolos ke babak final dan harus melakukan presentasi melalui Zoom Meeting dan disiarkan langsung ke YouTube Live. Pada kesempatan yang mendebarkan tersebut, Fayyaz berhasil mempresentasikan gim yang dibuatnya dengan sangat baik dan penuh percaya diri. Alhasil, juara 3 berhasil ia raih setelahnya.

“Setelah membuat gim itu, saya memiliki gambaran, jika gim ini dimainkan setidaknya oleh siswa-siswi di sekolah saya, maka mereka akan dengan mudah mengetahui gejala-gejala Covid-19 dan pencegahannya.” terang Fayyaz ketika presentasi di depan para juri.

Berdasarkan tujuan yang Fayyaz ingin capai melalui gim itu, terselip harapan besar agar orang-orang terdekatnya dapat memahami cara-cara pencegahan Covid-19 dengan mengetahui gajala-gejalanya. Ia pun berharap agar pandemi segera berakhir karena ia sudah rindu belajar bersama guru dan bercengkerama bersama teman-teman sejawat di sekolah.

Selamat, Fayyaz Ekaprana!
Teruslah berkarya!