Alki Goes to Singapore 2018

Student Visit Singapore merupakan program kegiatan SMPIT Al Haraki yang diperuntukkan bagi siswa level 8 yang menjadi program kunjungan pilihan (tidak wajib) untuk mengunjungi destinasi edukasi dan wisata yang ada di Singapura untuk memperoleh pengalaman berharga yang kelak menjadi bekal bagi siswa dalam kehidupannya. Kegiatan Student Visit Singapore diselenggarakan pada Rabu-Jumat , 12-14 Desember 2018 yang diikuti oleh 45  siswa dan didampingi oleh 4 orang guru. Pada kegiatan Student Visit Singapore 2018/2019, kami mengunjungi beberapa destinasi edukasi dan wisata yang ada di Singapura, seperti : Universal Studio Singapore, Chinatown, National Library Board Singapore (NLB), Melayu Heritage Museum, Science Art Museum, Garden By The Bay, Merlion dan Masjid Sultan. Sebelum kami berangkat ke Singapura, kami berkumpul  terlebih di sekolah jam 03.00 pagi. Kami melakukan briefing terlebih dahulu di hall, kegiatan briefing diawali dengan sambutan dan arahan dari kepala sekolah SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M.Pd.I dan dilanjutkan dengan arahan dari ketua panitia Alki Goes to Singapore, Bapak Fariz Naim, S.Pd. Setelah briefing kami pun langsung menuju ke bus untuk perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, kami langsung melakukan check-in. Dan sampailah kami di dalam pesawat air asia dengan nomor penerbangan Qz 262. Di Dalam pesawat kami pun mengisi kartu imigrasi. Sampailah kami di bandara changi, Singapura jam 10.00 pagi. Setibanya di Terminal 1 Changi Airport, kami menikmati dulu suasana yang ada di dalam airport, Bandara Changi merupakan salah satu bandara yang sangat nyaman,  karena disana kami disajikan dengan fasilitas-fasilitas yang cukup menarik. Selanjutnya, kami langsung mengantri di kantor imigrasi untuk di cek data. Di kantor imigrasi, ada beberapa teman kami yang ditanya terkait tujuan kunjungan kami ke singapura dan juga tempat yang akan dikunjungi. Ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi kami ke luar negeri bersama teman dan guru.

Setelah tiba di Singapura, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Universal Studio Singapore (USS), disini kami dapat menikmati berbagai macam permainan. Kami berada di Universal Studio Singapore (USS) dari pagi sampai sore. Di Universal Studio Singapore (USS) terdapat  berbagai macam wahana permainan yang seru dan menyeramkan. Adapun permainan yang paling banyak diminati adalah wahana “The Mummy” dan “Battlestar Galactica” karena kecepatan jet coasternya cepat. Setelah puas menikmati permainan di Universal Studio Singapore (USS). Kemudian, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Chinatown. Chinatown adalah daerah yang cukup terkenal sebagai tujuan wisata di Singapura. China Town terletak di sebuah daerah di sebelah selatan Singapura. China Town merupakan pusat budaya Singapura yang kaya dan multietnis. Di Chinatown,kita dapat melihat berbagai kebudayaan dan etnis. Inilah yang menjadikan Negara Singapura menjadi negara yang menarik dan banyak wisata kebudayaan yang dilahirkan dari Singapura. Etnis Tionghoa merupakan etnis yang paling banyak kita jumpai di Negara ini.

Di Chinatown, kita dapat melihat interaksi antara kebudayaan cina dengan kebudayaan muslim. Hal ini dikarenakan adanya interaksi antara kedua kebudayaan tersebut.  Interaksi keduanya telah berlangsung berabad-abad silam. Pernah tercatat dalam sejarah, laksamana dari Dinasti Ming, Cheng Ho datang ke nusantara. Beliau mengusung misi perdamaian ke Indonesia, dan inilah bukti interaksi yang terjadi cukup lama. Dan pada akhirnya melahirkan sebuah pepatah, yakni tuntutlah ilmu ke negeri Cina. Hal ini yang pada akhirnya melahirkan hubungan antara etnis Tionghoa dengan muslim, sebagai saudara sebangsa dan setanah air tidak perlu ragu berhubungan dengan Islam. Begitu indahnya kebudayaan yang ada di China Town. Terutama bagi para pecinta sejarah kebudayaan.  Selanjutnya, kami beristirahat di salah satu hotel di Singapura yaitu Grand Pacific Hotel yang berada di Victoria St.

Esok harinya, 13 Februari 2019 kami melanjutkan perjalanan ke National Library Board Singapore (NLB), Melayu Heritage Museum, Science Art Museum dan Garden Bay The By. Di Garden Bay The By, kami dapat melihat berbagai macam tumbuhan. Selain itu, di Garden Bay The By juga terdapat outlet yang menjualkan souvenir khas Singapura. Dan di hari terakhir kami di Singapura kami mengunjungi Merlion dan Masjid Sultan. Ini merupakan cerita kami dalam mengikuti kegiatan Student Visit Singapore. Adapun harapan kami dalam kegiatan Student Visit Singapore adalah agar kami memperoleh pengalaman yang berharga mengenai  kunjungan di Singapura dan memotivasi siswa untuk mencontoh hal-hal baik yang dapat diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari terkait tempat kunjungan (Singapura).