Seminar Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Keluarga dan Sekolah bersama Ibu Walikota Depok

Seminar Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Keluarga dan Sekolah bersama Ibu Walikota Depok

Baru saja kita bernafas lega setelah pemerintah mengumumkan penerapan ‘New Normal’. Namun, sepertinya masyarakat harus kembali bersabar setelah akhir-akhir ini jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat. Beberapa kota di Indonesia kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).Tak menutup kemungkinan Depok juga akan menyusul Jakarta karena Depok merupakan salah satu kota berisiko tinggi mengalami peningkatan jumlah kasus.

Salah satu bentuk kepedulian SIT Al Haraki dalam membantu pemerintah mensosialisasikan bahaya virus Covid-19 dan bagaimana mengantisipasinya kepada warga SIT dan masyarakat kota Depok khususnya adalah dengan mengadakan webinar yang bertema “Antisipasi Penyebaran COVID-19”. Webinar kali ini SIT Al Haraki menghadirkan Bunda Elly Farida (istri Walikota Depok), dr. Zakiah, MKM (Gugus tugas Kota Depok) dan Bapak H. Utang Wardaya, Ap., M. Si. (Camat Pancoran Mas Kota Depok) sebagai narasumber. Webinar yang diadakan pada Jumat, 11 September 2020 ini diikuti seluruh guru dan tenaga kependidikan SIT Al Haraki, Seluruh orang tua murid SIT Al Haraki, siswa dan siswi SMPIT dan SMAIT Al Haraki serta tamu undangan dari berbagai kalangan. Acara yang dipandu oleh Bapak Nouvel Akbar, S. Pd bersama moderator Ibu Dewi Hartati, M. Pd selalu Kabag Litbang SIT Al Haraki ini dimulai tepat pukul 13.00 dan berakhir pukul 15.30. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran kemudian dilanjutkan dengan pemaparan cerita dari Bunda Elly Farida.

Seperti yang kita ketahui Covid-19 tak pandang bulu dalam mencari siapa yang akan dia serang. Salah satunya adalah istri walikota Depok, Bunda Elly Farida yang dinyatakan positif setelah menjalani rapid test. Dalam kesempatan ini, Bunda Elly menceritakan bagaimana pengalamannya hingga akhirnya beliau dinyatakan positif dan harus diisolasi di RSUD Kota Depok serta bagaimana beliau berjuang untuk sembuh dari virus ini. Cerita Bunda Elly sangat mengedukasi masyarakat agar tidak meremehkan bahayanya virus ini. Beliau membenarkan keberadaan virus berbahaya ini dan mengajak masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan dan menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan perkembangan kasus Covid-19 di kota Depok oleh Bapak Utang Wardaya, Ap. M. Si. selaku Camat Pancoran Mas Kota Depok. Beliau juga memaparkan upaya-upaya pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus ini, diantaranya adalah dengan mengadakan razia masker dan razia pelaku usaha yang membandel tidak mengikuti  anjuran pemerintah. Beliau berpesan kepada masyarakat untuk taat pada protokoler kesehatan yang telah dianjurkan. “Penerapan hidup sehat dapat dimulai dari diri sendiri,” ujar Camat Pancoran Mas.

Terakhir adalah edukasi tentang bagaimana penyebaran virus Covid-19 pada kluster keluarga dan antisipasi penyebaran Covid-19  dari dr. Zakiah, MKM. selaku Gugus Tugas Kota Depok. Beliau mengajak masyarakat untuk menyayangi keluarga agar terhindar dari  virus ini dengan menerapkan protokol kesehatan, protokol VDJ (Ventilasi, Durasi, dan Jarak) serta meminimalisir aktivitas di luar rumah. Beliau juga memberikan arahan yang tepat apa yang harus kita lakukan saat salah satu dari keluarga kita terkena virus ini.  Banyak pertanyaan yang diajukan selama acara berlangsung membuktikan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara webinar ini.

Semoga dengan adanya webinar ini, kita dapat mengimplementasikan bagaimana cara mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang dapat dimulai dari diri kita sendiri.