Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki 2022

Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki 2022

Penetapan bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia merujuk pada sejarah bangsa Indonesia. Sejarah mencatat pada tanggal 28 Oktober 1928 dikumandangkan Sumpah Pemuda, dalam keputusan Kongres Pemuda II, di Jakarta. Selanjutnya setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sejak itulah ditetapkan pula bahasa resmi yang digunakan untuk bermasyarakat, yakni Bahasa Indonesia. Bulan Oktober pun ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan bangsa Indonesia memperingatinya setiap tahun.

Begitupun SMPIT Al Haraki yang menjadikan momentum Bulan Bahasa ini agenda sekolah yang diperingati dengan penuh makna setiap tahunnya. Pada tahun 2022, kegiatan Bulan Bahasa dilaksanakan berbarengan dengan perayaan Milad SMPIT Al Haraki.

Rangkaian kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki telah terselenggara pada akhir bulan Oktober hingga pekan pertama November 2022. Dalam kurun waktu dua pekan tersebut telah dilakukan beberapa agenda seperti launching kegiatan, pembuatan dan pengumpulan lomba menulis surat guru dan siswa, persiapan lomba mading, kegiatan technical meeting lomba debat dan berbalas pantun hingga penilaian lomba.

Adapun puncak kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki diselenggarakan pada Jumat, 11 November 2022 bertepatan dengan hari jadi SMPIT Al Haraki yang ke-11. Kegiatan yang mengusung tema “Bangkit Bersama Ukir Karya penuh Makna” ini awali dengan pembuatan review oleh seluruh siswa-siswi SMPIT Al Haraki yang dipandu oleh anggota Sahabat Perpus yaitu kak Aileen dari kelas 9 Al A’aa dan kak Sheva dari kelas 7 Al Kautsar. Selanjutnya kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki resmi dibuka oleh Ibu Rista dan Pak Bagas selaku MC. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh guru dan siswa-siswi SMPIT Al Haraki, melainkan jajaran manajemen SIT Al Haraki serta para pengurus komite dan korlev.

Sebelum menginjak prosesi pemotongan kue, terlebih dahulu disampaikan sambutan oleh Kepala SMPIT Al Haraki, Ketua Komite SMPIT Al Haraki hingga Direktur Pendidikan SIT Al Haraki. Perayaan Milad SMPIT Al Haraki ditutup dengan doa dan foto bersama di Lapangan sekolah.

Setelahnya kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan tiga perlombaan dalam waktu yang bersamaan yaitu perlombaan ranking 1 bertempat di Lapangan, lomba debat di kelas An Nur dan lomba berbalas pantun dilaksanaan di Rooftop. Seluruh siswa-siswi begitu antusias mengikuti ketiga lomba tersebut.

Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki semakin meriah karena adanya ice cream party yang disponsori oleh komite SMPIT Al Haraki. Seluruh siswa, guru, karyawan hingga tamu undangan merasakan party ice cream ini.

Kegiatan Semarak Bulan Bahasa dan Milad SMPIT Al Haraki berakhir pada Senin, 14 November 2022 yang ditandai dengan pembagian hadiah kepada para juara. Kegiatan pembagian hadiah ini seluruhnya dipandu oleh anggota sahabat perpus ALKI yang secara bergantian menjadi MC kegiatan.

Terima kasih atas seluruh support dan partisipasi semua pihak pada kegiatan ini. Terima kasih kepada anggota sahabat perpus ALKI yang menjadi panitia kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman untuk siswa-siswi SMPIT Al Haraki dan menjadi momentum penuh makna dalam peringatan bulan bahasa.