“Sampahku Permataku” – Haraki’s Day Level 5

20160308_081459

Level 5 SDIT Al Haraki membuat acara yang sangat inspirasional dalam Harakis Day SDIT Al Haraki. Dengan bertajuk Sampahku Permataku, siswa-siswi level 5 SDIT Al Haraki membuktikan peran aktifnya dalam pemilahan, pengelolaan, serta pemanfaatan sampah di lingkungan sekolah. SDIT Al Haraki sebagai sekolah yang mewakili Propinsi Jawa Barat dalam Lomba Sekolah Sehat tentu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi seluruh elemen sekolah,khususnya siswa-siswi SDIT Al Haraki. Salah satu caranya adalah dengan membangun kesadaran bagaimana menyikapi problematika sampah di sekolah serta pemanfaatannya. Acara Harakis Day Level 5 ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama yaitu pada Rabu, 10 Februari 2016 diselenggarakan peyuluhan mengenai pemilahan serta pengolahan sampah oleh Tim Bank Sampah WPL, yaitu bank sampah terbaik se-kota Depok. Bertempat di aula SDIT Al Haraki, Tim Bank Sampah WPL memberikan penyuluhan pada 98 siswa level 5 mengenai pemilahan sampah organik dan nonorganik di lingkungan sekolah.

Pada tahap 2 yang berlangsung sejak tanggal 11-16 Februari 2016, siswa-siswi level 5 melakukan praktek pemilahan sampah organik dan nonorganik dengan mengumpulkan sampah-sampah yang ada dilingkungan SDIT Al Haraki di sela-sela waktu istirahat. Pada tahap 3 yaitu tanggal 17 Februari 2016, siswa-siswi level 5 selama sehari penuh melakukan praktek pembuatan kompos, recycle sampah anorganik , dan dilanjutkan dengan pembuatan hasta karya dari barang bekas secara berkelompok.

Pak Adjat selaku ketua panitia Harakis Day Level 5 mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan, serta memberikan pemahaman pada siswa tentang pengelolaan dan pemanfaat sampah dengan benar. Beliau juga mengharapkan setelah acara ini, siswa-siswi dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh dalam pengelolaan sampah di keseharian mereka.

20160308_081215

20160308_081338