Salat Istisqa: Bentuk Kepedulian SMPIT Al Haraki

Salat Istisqa: Bentuk Kepedulian SMPIT Al Haraki

Jum’at, 27 September 2019 seluruh keluarga besar SMPIT Al Haraki melakukan kegiatan Salat Istisqa secara berjamaah. Bertempat di Lapangan SMPIT Al Haraki, kegiatan salat istisqa adalah rangkaian ibadah yang bertujuan untuk meminta kepada Allah agar turun hujan. Kegiatan ini dimulai tepat pukul 07.00 wib dan diikuti oleh guru, siswa, karyawan, komite sekolah dan juga orangtua.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian SMPIT Al Haraki melihat kondisi Indonesia tengah dilanda kekeringan yang berkepanjangan. Kekeringan ini bahkan menjadi salah satu penyebab musibah kebakaran hutan dan lahan dibeberapa daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala SMPIT Al Haraki, Chairullah, M.Pd.I mengajak kepada seluruh jamaah salat untuk berdoa secara khusyu. “Ikuti seluruh rangkaian kegiatan pagi ini dengan betul-betul, mengangkat kedua tangan saat berdoa agar doa kita semua diijabah oleh Allah SWT.”

Bertindak sebagai imam salat, Abu Amrin S.E.I yang merupakan guru Alquran. Kemudian selesai Salat Istisqa dilanjut dengan khutbah yang disampaikan oleh Paiman, Lc.

Dalam khutbahnya, Paiman mengajak seluruh elemen sekolah untuk meminta ampunan dan bertaubat atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Karena bisa jadi kondisi saat ini, kemarau berkepanjangan, tanah-tanah kekeringan serta bencana asap dan kebakaran hutan juga lahan merupakan sebab dari kurangnya iman dan ketakwaan manusia.

“Hisablah diri kalian, sebelum dihisab oleh Allah SWT,” pungkas Paiman mengakhiri khutbah yang kemudian langsung memimpin doa bersama. Kegiatan Salat Istisqa ini selain ditutup dengan doa juga diakhiri dengan saling memaafkan dan bersalam-salaman.