Readathon Guru #4

Readathon Guru #4

“Mengeksplore Kreativitas Siswa Saat Pandemi”

Readathon Guru #4 yang diselenggarakan pada Selasa, 6 April 2021 ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Pada kegiatan Readathon kali ini di sesi pertama, para guru tidak melakukan kegiatan membaca hening seperti biasa, melainkan menyelesaikan membuat artikel berbahasa Inggris yang menjadi output kegiatan Readathon Guru bulan Maret.

Kemudian tepat pukul 14.30 wib, dilanjutkan dengan sesi dua Readathon yaitu sesi sharing. Sesi sharing kali ini mengangkat tema “Mengeksplore Kreativitas Siswa Saat Pandemi” bersama Ibu Nikmatul Isnaini, S. Pd yang merupakan salah satu guru IPA di SMPIT Al Haraki.

Pada awal penyampaiannya Bu Aini membahas mengenai kegiatan PJJ yang sudah lebih dari setahun dijalani. Apakah ada kejenuhan? kendala apa saja yang dialami selama PJJ dan apakah para guru sudah memanfaatkan teknologi dengan tepat? Setelahnya Bu Aini melanjutkan membreak down ketiga pembahasan sebelumnya menjadi lebih mendalam.

Setelah itu Bu Aini melanjutkan ke pembahasan inti yaitu bagaimana cara mengeksplore kreativitas siswa ketika pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh. Dalam penyampaiannya Bu Aini lebih menyoroti kepada penggunaan berbagai aplikasi penunjang pembelajaran. Selain itu juga Bu Aini kembali menyampaikan pentingnya kemampuan 4C yang terdiri dari Critical Thinking dan Problem Solving, Creative dan Inovative, Collaborative dan Communication di pembelajaran abad 21 ini.

Semoga meski masih dalam kondisi pandemi, baik siswa maupun guru SMPIT Al Haraki terus bersemangat dalam kegiatan PJJ ini.