Readathon Guru #1

Readathon merupakan salah satu jenis kegiatan literasi sekolah. Secara etimologis, istilah readathon berasal dari dua kata, yaitu kata read yang artinya membaca dan marathon yang memiliki makna lari jarak jauh. Secara semantis leksikal, readathon bisa berarti membaca bersama-sama dalam jangka waktu tertentu tanpa berhenti.

Kegiatan Readathon di SMPIT Al Haraki diselenggarakantidak hanya untuk siswa melainkan untuk guru juga. Hal ini dikarenakan guru merupakan pihak yang akan memberikan bimbingan langsung kepada siswa dan merupakan sosok teladan di sekolah. Kegiatan Readathon Guru #1 SMPIT Al Haraki telah dilakukan pada Selasa, 16 Februari 2021 pukul 14.15-15.00 wib.

Kegiatan ini dipandu oleh pustakawan Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki, Ibu Tursi, S. IIP. Selama 30 menit para guru diberikan waktu untuk membaca buku yang sudah disiapkan sebelumnya. Adapun buku yang dibaca oleh para guru untuk bulan Februari ini dibebaskan, boleh buku fiksi maupun non fiksi. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari pustakawan terkait kegiatan literasi. Pada kegiatan Readathon Guru #1 ini setiap guru diminta untuk membuat review dengan teknik AIH yang berisikan alasan kenapa membaca buku tersebut, isi buku secara garis besar dan hikmah atau pesan yang didapat setelah membaca buku tersebut.

Setelah dilakukan pemaparan dan tugas yang harus dilakukan untuk tindaklanjut dari kegaitan Readathon Guru #1 kegiatan Readathon ditutup dengan foto bersama dan pengisian presensi kegiatan. Di dalam presensi para guru dapat menceritakan sudah berapa banyak buku yang sudah dibaca di bulan Februari dan menceritakan tentang kecenderungan terhadap membaca dan menulis. Sampai bertemu di Readathon Guru #2. Dan salam literasi!