PRESTIGE DAY 2019/2020

PRESTIGE DAY 2019/2020

Budaya sekolah yang dibangun di SMPIT Al Haraki di awali dengan Prestige Day (Pekan Orientasi dan Ta’aruf Generasi Robbani siswa-siswi SMPIT Al Haraki) merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan sebelum memasuki sekolah baru. Karena siswa perlu diperkenalkan telebih dahulu tentang lingkungan di sekolahnya. Adapun yang perlu diketahui oleh siswa baru antara lain suasana lingkungan di sekolah, program kurikulum, guru, teman, fasilitas sekolah dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang akan diikuti oleh para guru dan siswa sehingga terciptanya ukhuwah islamiyah diantara seluruh warga SMPIT Al Haraki. Tahun ini, Prestige Day SMPIT Al Haraki yang mengusung tema “Menjadi Pribadi Rabbani yang Berkarakter Prima, Berbudi Tinggi dan Berakhlak Mulia” dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat (11-12 Juli 2019).

Di pagi yang cerah, hentakan suara sepatu siswa baru dengan penuh semangat menghampiri soso-sosok tauladan yang siap menyambut mereka, ialah para guru yang sudah berdiri dengan menggunakan atribut entreprenuer di SMPIT Al Haraki dan selempang yang bertuliskan 8 karakter siswa agar mereka memiliki akhlak yang kokoh, intregitas tinggi, karakter mandiri, berwawasan global, pribadi yang tangguh, tanggung jawab, budaya luhur, dan jiwa indonesia. Keramahan guru-guru melunturkan rasa ragu siswa baru untuk memasuki lingkungan sekolah. Siswa BEST dengan sigap membantu adik-adik kelas mereka mencari ruangan sesuai dengan nama mereka.

Acara dibuka oleh Kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M.Pd.I. di hall. Dilanjutkan dengan pengenalan guru-guru bidang studi dari semua level dan pemaparan program, alur,  dan budaya di SMPIT Al Haraki. Hal itu dimaksudkan agar para siswa baru mendapat gambaran yang jelas dan mudah beradaptasi dengan budaya Al Haraki ketika mereka mulai belajar. Kegiatan di hari pertama mereka di Al Haraki juga diisi dengan pengenalan ruang-ruang yang ada di SMPIT Al Haraki, mulai dari ruang kelas, ruang guru, UKS, Lab, Perpustakaan, tata cara penggunaan toilet, dan tata cara membeli makanan di kantin dengan menggunakan voucher. Istimewanya, semua itu dilakukan oleh anggota BEST sehingga para siswa baru cepat akrab dengan kakak kelas mereka dan tidak merasa canggung.

Hari berikutnya, para siswa mengawali kegiatan dengan salat dhuha dan pembacaan al matsurat. Kegiatan selanjutnya adalah senam gembira di lapangan SMPIT Al Haraki dibimbing oleh guru dan anggota BEST. Siswa terlihat riang dan antusias, apalagi setelah senam mereka disuguhkan minuman segar dan buah. Setelah beristirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan pengenalan organisasi oleh masing-masing ketua organisasi. Selain itu ada pengenalan duta prestasi dari alumni. Para siswa jadi lebih termotivasi setelah mereka melihat prestasi-prestasi dari kakak-kakak kelas mereka. Semoga dengan adanya Prestige Day ini, para siswa baru dapat beradaptasi dengan mudah dengan kegiatan dan budaya yang ada di SMPIT Al Haraki dan ke depannya mereka jadi lebih termotivasi untuk berprestasi di jenjang SMP.