PERTEMUAN ORANG TUA MURID DAN SEMINAR PARENTING LEVEL XI

Dalam masa pandemi seperti ini, orang tua menjadi garda terdepan pendampingan putra putrinya dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Sudah sekitar satu setengah tahun pandemi covid-19 di Indonesia, banyak sekolah di perkotaan yang padat menerapkan pembelajaran jarak jauh untuk menekan laju penularan covid-19, termasuk SMAIT Al Haraki yang berlokasi di Kota Depok.

            Demi meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi, serta mencari potensi dan mencari solusi tentang problematika anak dalam pembelajaran jarak jauh, SMAIT Al Haraki bersinergi bersama orang tua siswa di Pertemuan Orang Tua Murid dan Seminar Parenting Level XI pada hari Sabtu 17 Juli 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh orang tua siswa dan manajemen serta dewan guru SMAIT Al Haraki.  Turut pula hadir Sekretaris Yayasan Al Haraki Ibu Zaviera Handayani, Deputi 1 Direktur Pendidikan Ibu Kiki Krisnayanti, Deputi 2 Direktur Pendidikan Ibu Nadhira Krisnayanti serta Penjamin Mutu Pendidikan SIT Al Haraki Ibu Mowdi Vidiyanti.

            Dengan tema “Meningkatkan Peran Orang Tua untuk Menggali Potensi Anak di Masa Pandemi Covid-19” yang dibawakan oleh Ibu Sani B. Hermawan S.Psi., Psi menjadi diskusi menarik, bagaimana orang tua memiliki peran dalam menumbuhkan potensi anaknya. Menurut Sani, problem utama siswa dalam masa pandemi adalah kesehatan mental mereka, karena terpaksa berdiam di dalam rumah dan kurangnya aktivitas outdoor, sehingga siswa menjadi sangat jenuh.

            Dampak interaksi antara anak dan orang tua pada masa pandemi meningkat, dan ini dapat menjadi kesempatan bagi orang tua untuk menggali dan mengamati potensi anaknya. Banyak cara untuk menggali potensi sang anak, tutur Sani. Salah satunya adalah memperhatikan aktivitas anak di rumah, bahkan Psikolog yang memiliki tiga anak ini menyarankan untuk melakukan kegiatan bersama agar memancing dialog antara orang tua dan anak yang diharapkan dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh sang anak.

            Dari hasil kuesioner yang diberikan dalam seminar tersebut, menurut Ibu Indriyani, orang tua dari salah satu murid menuturkan “Seminarnya sangat membantu dan menjadi tambah masukan untuk orang tua sekiranya bisa diadakan kembali seminar selanjutnya tentang kemajuan dan penerapan untuk anak-anak kita yang sudah remaja memasuki jenjang perguruan tinggi agar kita sebagai orang tua bisa memahami dan mengerti untuk kemajuan anak-anak.” 

            Karena Itu SMAIT Al Haraki berkomitmen memfasilitasi orang tua murid untuk bersama-sama membentuk generasi rabbani yang mampu memberikan pengaruh baik di masa depan. Pertemuan ini akan menjadi rutinitas yang berkesinambungan di lingkungan SMAIT Al Haraki dan harapannya menjadi jembatan sinergi antara sekolah dan orang tua murid.