Edukasi Bahaya Rokok oleh Fakultas Farmasi Universitas Pancasila

Edukasi Bahaya Rokok oleh Fakultas Farmasi Universitas Pancasila

Peringatan bahaya merokok bagi kesehatan tidak henti-hentinya diserukan pemerintah dan pihak terkait lainnya. Meski demikian, masih banyak masyarakat yang menjadi perokok aktif terutama kalangan remaja yang memiliki rasa penasaran yang besar.

Mengutip situs Stikes Banyuwangi, dalam satu batangnya, rokok mengandung sekitar 7.000 zat kimia, 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik, yaitu zat yang merusak gen dalam tubuh sehingga memicu terjadinya kanker, seperti kanker paru, emfisema, dan bronkitis kronik. Mengingat begitu bahayanya rokok bagi kesehatan, SMPIT Al Haraki bekerja sama dengan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila menyelenggarakan kegiatan edukasi kesehatan mengenai bahaya rokok.

Kegiatan ini berbentuk Seminar Kesehatan dengan tema “Bahaya Merokok untuk Kesehatan Kita” dan telah terlaksana pada Jumat, 17 Juni 2022. Pada acara yang di selenggarakan sebagai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Farmasi Universitas Pancasila ini menghadirkan narasumber yaitu, Dr. Nurita Andayani, M.Si. apt. Yuslia Noviani, M.Farm., Dr.apt. Dian Ratih Laksmitawati, M.Biomed, apt. Dra. Liliek Nurhidayati, M.Si., dan apt. Dra. Faridah, M.Si.

Para narasumber memberikan pemahaman pada para siswa mengenai dampak rokok, penyakit-penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan merokok dan dampak kandungan nikotin dalam tubuh. Selain itu pada kegiatan PkM ini dilakukan pengujian kadar nikotin pada urin siswa kelas 7 dan perwakilan guru serta tenaga kependidikan.

Setelah mendapat penyuluhan, para siswa diharapkan menjadi lebih peduli terhadap upaya pencegahan kebiasaan merokok. Terima kasih atas dukungan dan bantuan pihak yang terlibat, sehingga kegiatan penyuluhan kesehatan dapat terselenggara dengan baik. Salam sehat.