Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat Diri

Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat Diri

SMPIT Al Haraki setiap tahunnya menyelenggarakan tes penjurusan sesuai dengan minat bakat siswa. Tes ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menentukan pilihan jenjang sekolah berikutnya, baik SMA dengan jurusan IPA atau IPS dan SMK dengan berbagai kejuruan yang dapat dipilih siswa sesuai dengan jurusannya. Pemilihan jurusan ini sangat penting dilakukan selain menjadi salah satu syarat untuk mendaftar di sekolah lanjutan, namun juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Masuk ke jurusan sesuai dengan minat bakat dapat memotivasi siswa dalam belajar, karena saat seseorang melakukan apa yang mereka sukai, mereka akan melakukannya dengan penuh semangat, tanpa tekanan apapun serta meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar di jenjang berikutnya.
  2. Memilih jurusan yang tepat mengurangi angka pengangguran, karena tidak sedikit orang yang telah lulus dengan kesalahan jurusan, skill mereka menjadi tidak berkembang dan kurang percaya diri.
  3. Tidak perlu berupaya terlalu keras dalam beradaptasi di sebuah jurusan, baik dengan budaya mapun pelajaran yang diampunya atu hal-hal yang dapat membuat frustasi siswa karena tidak dapat mengejar pelajarannya.

Dengan tujuan siswa mengetahui manfaat dari tes penjurusan sesuai minat dan bakatnya, Kesiswaan SMPIT Al Haraki mengadakan Sosialisasi Tes Minat Bakat untuk siswa dan siswi Level 9 SMPIT Al Haraki pada Jumat, 27 September 2021 lalu. Adapun pelaksanaannya insya Allah akan dilaksanakan pada awal Oktober 2021. Harapannya lulusan siswa dan siswi SMPIT Al haraki dapat memilih jurusan sesuai dengan minat bakatnya agar nantinya dapat menjadi siswa yang berprestasi dan mandiri.