PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) SDIT AL HARAKI

TP 2020/2021

Kepala sekolah merupakan komponen yang sangat urgensial dan strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Karena kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sekolah secara menyeluruh demi terciptanya mutu pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan perlu dilakukan berbagai upaya pembinaan dan optimalisasi peran komponen-komponen pendidikan secara  stimulan yaitu kurikulum, guru, peserta didik, sarana prasarana  lingkungan,  dan kepala sekolah. Keberhasilan penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah merupakan cerminan dari pelaksanaan pembinaan atas kinerja kepala sekolah yang dilakukan secara terus menerus melalui Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS).

PPKS tahun pelajaran 2020/2021 di SDIT Al Haraki ini dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Desember 2020 di ruang Abu Bakar SDIT Al Haraki. Pada kesempatan kali ini Bapak Hidayat, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah mendapat kesempatan untuk dinilai kinerjanya oleh Ibu Ijah Sopiah, M.Pd dan Ibu Beti Wiharti selaku tim PKKS pengawas SD Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Pada kesempatan kali ini aspek yang dinilai meliputi tiga komponen yaitu pelaksanaan tupoksi, komitmen terhadap tugas, dan hasil kerja. Kami mendapat masukan-masukan yang positif dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Salah satu masukan dari beliau yakni meski dalam peraturan Menteri muatan RPP minimal terdiri dari tujuan, kegiatan, dan asesmen sebaiknya KD tetap dicantumkan dalam RPP. Hasil penilaian kinerja kepala sekolah diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu sekolah. Penilaian kinerja kepala sekolah merupakan acuan bagi pengambil kebijakan atau pemangku kepentingan untuk menetapkan pengembangan karir, periodeisasi dan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Bagi kepala sekolah, penilaian kinerja kepala sekolah merupakan acuan untuk mengetahui berbagai hal yang harus dilakukan oleh kepala sekolah untuk memperbaiki kualitas kerjanya.