Pendaki

Pendaki atau Perkemahan Dasar Haraki merupakan kegiatan kepramukaan yang diadakan rutin setiap tahunnya. Pendaki ini diperuntukkan untuk 2 level, yaitu level 4 dan level 5. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini diadakan di tempat yang berbeda dalam tiap periodenya, tentunya tak lepas dari nuansa pegunungan.

Selain menanamkan kemandirian, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang dapat diambil dari alam sekitar, juga nilai-nilai spiritual melalui kegiatan-kegiatan seperti shalat tahajud, jurit malam, juga lintas alam.

Kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan dalam Pendaki ini yaitu upacara pembukaan perkemahan, lomba-lomba kepramukaan seperti semapur, tali-temali, lomba membuat tandu, dan lomba membuat makanan dan minuman. Kegiatan malam hari yaitu lomba yel-yel untuk tiap regu, api unggun, dan jurit malam. Jurit malam ini menjadi agenda yang menakutkan bagi banyak siswa, tidak sedikit siswa yang berteriak ketakutan saat ditakuti oleh kakak-kakak pembina. Jurit malam ini dilaksanakan dari selesai tahajud sampai waktu shalat subuh tiba. Di hari kedua, peserta melakukan trekking atau lintas alam ke daerah sekitar lokasi diadakannya kegiatan perkemahan ini. setelah itu siswa diberikan waktu bebas untuk bermain.

pendaki (2)

pendaki (13) pendaki (14)pendaki (1) pendaki (3)pendaki (7) pendaki (10)pendaki (12) pendaki (11)


About Ibnu Syifa

Guru di SDIT Al Haraki