Pelatihan Sembelih Halal

Komunitas Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia siap mengedukasi masyarakat tentang tata cara menyembelih hewan secara halal. Dan alhamdulillah hari ini, Jum’at 09 Agustus 2019 sekolah kami kedatangan Tim Juleha Indonesia yang memberikan pelatihan Sembelih Halal dan Syar’i “Cara Praktis Penyembelihan Hewan Qurban” dihadapan peserta pelatihan yaitu Bapak Guru SIT Al Haraki. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Bapak Hasan Basri selaku Waka Humas SDIT Al Haraki dan dilanjutkan tilawah Qur’an oleh Ustad Asep Awaluddin. Kemudian lanjut ke acara yg sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta yaitu pemaparan penyembelihan qurban menurut syar’i yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Tamami Husein, beliau adalah penasehat DPP dan koordinator BPPSDM Juleha Indonesia.

Menurut beliau, Ju­leha Indonesia secara rutin melakukan pelatihan dari masjid ke masjid untuk melatih para penyembelih. Manajemen Qurban yang ingin beliau kembangkan adalah model penyembelihan sesuai syar’i menuju ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)

“Fokus dari Juleha Indonesia adalah melakukan pelatihan dan sertifikasi terhadap para pelaku penyembelih agar dapat melaksanakan tata laksana penyembelihan sesuai dengan syariat dan keilmuannya yang digarisbawahi pada pedo­man ASUH” ungkap beliau.

Lanjut menurut Bapak Ahmad, walaupun telah mendapatkan izin dari pemerintah, tata laksana penyembelihan baik di RPH mau­pun tempat penyembelihan hewan kurban lainnya masih jauh sekali dari pedoman “ASUH”. Dan beliau memberikan contoh video penyembelihan yang benar dan yang salah.

Ada beberapa faktor penunjang penyembelihan halal diantaranya yaitu
1) personal; islam, sehat jasmani & rohani, dewasa
2) Alat yg digunakan berupa pisau harus tajam
3) Lafadz Tasmiya
4) Teknik penyembelihan

Ia mencontohkan penyembelihan yang dilakukan di atas selokan air atau di galian tanah. “Itu akan mudah sekali terjadi cross kontaminasi bakteri antara bakteri di selokan, bakteri tanah yang bisa mence­mari hewan sembelihan,” pungkasnya.