.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

SIT Al haraki menjalin kerjasama dengan Mentari Book dalam penyelenggaraan pelatihan Matematika yang mengusung tema “Pecahan Sebagai Perbandingan” pada hari Senin 6 September 2021. Pelatihan ini merupakan salah satu dari rangkaian untuk peningkatan mutu pendidikan SIT Al Haraki. Pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan Matematika adalah Bapak Hijjri Ala Uddin. Beliau adalah salah satu trainer Matematika dan koordinator kurikulum dan training dari Mentari group. Pelatihan ini diikuti oleh 21 tenaga pendidik Matematika SD level 1-6. Dalam pelatihan ini, pembelajaran Matematika level 1-3 lebih memfokuskan pada Matematika Tematik. Sedangkan untuk level 4-6 materi difokuskan mengenai kerangka pembelajaran Matematika, prinsip mengajar Matematika SD dan strategi serta ide mengajar di kelas 4-6.

Dalam pelatihan ini, pemateri juga menjelaskan bagaimana cara mudah untuk belajar Matematika yaitu melalui pendekatan Concrete (melakukan)- Prictorial (melihat)- Abstract (simbolis) atau disebut dengan C-P-A, pendekatan ini merupakan pendekatan terbaik pada saat ini dalam pembelajaran Matematika. Dalam pendekatan ini, para tenaga pendidik juga diperkenalkan Bar model yakni cara pemecahan permasalahan Matematika dengan menggunakan kotak-kotak. Dalam pelatihan ini juga, para tenaga pendidik diminta untuk membuat soal cerita dari Bar model yang sudah ditentukan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari pelatihan Matematika ini adalah pembelajaran Matematika diibaratkan membangun sebuah rumah yang memiliki 5 pondasi utama yakni concepts, processes, skills, metacognition, dan attitudes.

Dengan diadakannya salah satu dari rangkaian pelatihan ini, diharapkan dapat menambah wawasan para tenaga pendidik SIT Al Haraki dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi dan kompetensi para peserta didik.