.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Sekolah bukanlah menjadi satu-satunya faktor keberhasilan pendidikan seorang anak. Ada faktor-faktor lainnya yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan pendidikan seorang siswa, salah satunya adalah orang tua (lingkungan rumah atau tempat tinggal). Oleh karena itu, komunikasi antara pihak Sekolah dan orang tua perlu dilakukan secara intensif agar kedua pihak ini bisa sama-sama bersinergi untuk perkembangan belajar peserta didik. Komukasi yang dilakukan harus berjalan dengan baik agar tidak terjadi miscommunication. Kondisi miscommunication tidak akan terjadi ketika pihak sekolah dan orangtua senantiasa membangun komunikasi yang efektif terkait perkembangan peserta didik.

Membangun komunikasi dengan orangtua peserta didik sudah menjadi rutinitas SMPIT AL HARAKI. Pertemuan orang tua siswa level 7 SMPIT AL HARAKI T.P 2019/2020  semester ganjil bertemakan “ Peran Aktif Orang Tua dalam Menyukseskan Pendidikan Anak di Sekolah” yang dibawakan oleh Bapak Setiyo Iswoyo.Seminar Orang tua murid dibuka dengan sambutan Kepala SMPIT Al Haraki Bapak Chairullah,M.Pd.I sekaligus perkenalan Wali kelas dan Asisten Wali Kelas 7, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Komite oleh Bapak Jusof Marsyal, M.T. dan sambutan dari Kabag Litbang SIT Al Haraki Ibu Dewi Hartanti S.Pd.

Saat seminar berlangsung, orangtua sangat antusias dengan materi yang dibawakan Pa Is (sapaan khas pada Bapak Setiyo Iswoyo) ditandai dengan banyaknya orangtua yang bertanya, banyaknya ice breaking yang penuh makna dan video yang mengingatkan kembali antara hubungan orang tua dan anak.

 Kegiatan pertemuan antara orangtua murid dengan pihak sekolah dilaksanakan dalam setiap semesternya. Hal tersebut dalam rangka mewujudkan sinergi antara orangtua atau wali murid dengan wali kelas. Pertemuan orangtua siswa yang sudah menjadi rutinitas SMPIT AL HARAKI memiliki banyak manfaat yaitu :

  1. Orangtua bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait perkembangan anak/peserta didik selama belajar di sekolah;
  2. Guru mendapatkan informasi tambahan dari orangtua terkait perilaku-perilaku peserta didik di rumah;
  3.  Terbangunnya komunikasi silaturrahim yang efektif antara sekolah dan orangtua
  4. Adanya solusi terhadap berbagai macam permasalahan yang timbul selama kegiatan pembelajaran.

Setelah seminar “ Peran Aktif Orangtua Dalam Menyukseskan Pendidikan Anak di Sekolah” yang dibawakan oleh Bapak Setiyo Iswoyo. Dilanjutkan dengan  pemaparan program-program kelas 7 yang disampaikan oleh Wakil Bidang Kurikulum oleh Ibu Siti Maidona S.Si, Wakil Bidang  Kesiswaan Bapak Dasep Rosada dan, Wakil Bidang Humas Bapak Nouvel Akbar. Setelah pemaparan program-program kelas 7 selesai dilanjutkan dengan doa penutup. Sebelum acara ditutup,pihak sekolah memberikan apresiasi berupa door prize kepada orangtua yang datang awal yaitu orangtua ananda Muhammad Umar dari kelas Az Zumar dan pada orangtua yang banyak bertanya saat seminar berlangsung yaitu Mimi Aff, orangtua ananda Althouf dari kelas Al Kautsar Setelah seminar ditutup dilanjutkan oleh pengurus komite untuk pembentukan Koordinator Level kelas 7. Setelah Korlev terpilih, kemudian Wali Kelas 7 dan Asisten Wali Kelas beserta orang tua siswa melakukan tour to the classes. Hal ini bertujuan agar orang tua bisa lebih mengenal dengan Wali Kelas 7 dan Pendamping Kelasnya.Yang di lanjutkan dengan pembentukan koordinator kelas, pembentukan grup orang tua.setelah acara selesai orang tua dipersilahkan untuk pulang.