PANDAWA

Perkemahan Dasar Level Lima

Kegiatan perkemahan sebagai penunjang pembelajaran kini semakin banyak diterapkan dan diminati oleh lembaga pendidikan baik formal maupun informal. Berkemah tidak hanya memberikan pengalaman fisik bagi siswa namun juga secara mental kepribadian siswa pun ikut diasah dan dikembangkan.

SDIT Al Haraki telah melaksanakan kegiatan Perkemahan Dasar Siswa Level 5 (PANDAWA 5) yang diikuti seluruh siswa level 5 dengan 121 siswa di Panorama Pangrango Camp Ground, Cisarua, Bogor dengan tema “Optimalisasi pembentukan karakter peduli dan bertanggungjawab melalui kegiatan alam terbuka yang menyenangkan dan bermakna”. Kegiatan perkemahan tersebut dilaksanakan selama dua hari satu malam, pada hari Selasa-Rabu, tanggal 10-11 Desember 2019.

Bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan pada pelaksanaan PANDAWA 5 terdiri atas beberapa pendekatan yang variatif. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut sebagaimana berikut :

  • Camping

Merupakan kegiatan inti dari program Pendaki dimana siswa-siswi diajak untuk bermalam di dalam tenda secara berkelompok. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mental mandiri serta skill untuk bekerjasama.

  • Hiking

Hiking adalah kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari sebagai sarana untuk menjaga kebugaran tubuh sambil mentafakkuri ciptaanNya.

  • Simulation Games

Merupakan games berbentuk simulasi dari situasi keseharian dimana peserta akan berusaha memecahkan sebuah permasalahan (problem solving) secara berkelompok sehingga akan memunculkan jiwa kompetisi positif.

  • Grouping and Energizer

Peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil melalui game indoor atau outdoor, kemudian setiap kelompok akan mengapresiasikannya melalui lagu, yel-yel, dan kata-kata semangat.

  • Night Journey (Caraka Malam)

Yaitu kegiatan yang dilakukan pada malam hari di mana peserta dilatih kemandirian, keberanian dan kerja sama antar peserta.

  • Qiyamul Lail dan Muhasabah

Mendirikan salat tahajjud berjama’ah di tengah keheningan malam serta merefleksi  dan mengevaluasi diri atas perbuatan serta tingkah laku yang tidak baik guna menyesali dan kembali pada hal-hal yang baik.   .

  • Games Outdoors

Yaitu kegiatan luar ruangan yang melatihan fisik dan mental anak yang berdampak pada kecerdasan emosi anak.

  • Character Building Training

Kegiatan yang didesain untuk membentuk sikap serta kecakapan kepemimpinan para peserta didik berupa pelatihan, group discussion dan problem solving

  • Cooking Outdoor

Setiap regu sudah membawa bahan masakan, kemudian diolah secara bersama-sama di tempat perkemahan yang langsung dinilai oleh juri.

  • Scouting Project

Kegiatan yang didesain untuk mengasah kreatifitas siswa dalam membuat sebuah karya sains dan seni kepramukaan

Target kegiatan Perkemahan Dasar Siswa Level 5 diantaranya yaitu membentuk siswa yang mengetahui keterampilan Pramuka Penggalang yang mumpuni seperti; PBB, Pioneering, Tata Upacara Api Unggun, Tata Upacara Pembukaan-Penutupan Kegiatan, KIM dan Halang Rintang, membentuk siswa yang cinta serta mau mengamalkan amalan-amalan sunnah, dan membentuk siswa yang memiliki kepedulian tinggi terhadap orang lain.