.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

SMAIT Al Haraki terus mengejar peningkatan kualitas pendidikan dengan mengintegrasikan kegiatan menghafal Al-Qur’an sebagai unsur integral dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaan misi ini, SMAIT Al Haraki menitikberatkan mata pelajaran Al-Qur’an dengan tujuan membimbing siswa dalam menghafal 1 juz dari surah Al-Baqarah, yang bertujuan memberikan dimensi mendalam pada pemahaman dan interaksi siswa dengan Al-Qur’an.

Lebih dari sekadar kegiatan menghafal, institusi pendidikan ini juga menekankan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan makhroj, serta pemahaman terhadap hukum tajwid yang berlaku. Pendekatan holistik ini menciptakan landasan pendidikan Al-Qur’an yang tidak hanya menghasilkan hafalan, melainkan juga pemahaman yang mendalam terhadap kitab suci.

Sebagai puncak dari kewajiban siswa untuk menghafal Juz 1 Al-Qur’an, SMAIT Al Haraki menggelar kegiatan ujian kelulusan hafalan Al-Qur’an yang dikenal sebagai “MUNAQOSYAH.” Kegiatan ini dirancang untuk menguji kemampuan hafalan seluruh siswa level 12 sebelum melangkah ke tahap berikutnya dalam pendidikan mereka.

Munaqosyah Al-Qur’an bukan semata ujian hafalan, melainkan juga sebuah acara seremonial yang bertujuan memperkuat rasa cinta kepada Al-Qur’an, mencintai alam semesta beserta isinya, dan menerapkan karakter siswa SIT Al Haraki, yakni berakhlak kokoh, berkarakter mandiri, bertanggung jawab penuh, dan berkepribadian tangguh.

Acara seremonial ini, dihadiri oleh orang tua siswa, berlangsung pada hari Sabtu, 11 November 2023, dengan tema “Menggapai Sukses dengan Al-Qur’an.” Pada kesempatan ini, jajaran direksi SIT Al Haraki dan Manajemen SIT Al Haraki turut serta menyaksikan seluruh prosesi seremonial Munaqosyah dari awal hingga akhir. Suasana penuh haru dan rasa bangga meliputi seluruh proses uji sambung ayat, menjadi pusat perhatian bagi seluruh orang tua siswa. Sementara itu, peserta Munaqosyah Al-Qur’an, yang terdiri dari siswa tingkat 12 angkatan Aztrosation, tampak antusias menghadapi tantangan ujian.

Dalam momen tersebut, diumumkan pula prestasi siswa di bidang hafalan Al-Qur’an. Ada tiga kategori prestasi yang menjadi kebanggaan: Penghafal Terbaik diraih oleh Ananda Aisha Rahma, Penghafal Terdisiplin diraih oleh Ananda Muhammad Hafiz, dan Penghafal Terbanyak diraih oleh Ananda Nayla Azzah.

“Harapan kami, semoga dengan kegiatan Munaqosyah ini, tidak hanya siswa yang mengikuti, namun juga seluruh tamu yang hadir semakin tumbuh cintanya terhadap Al-Qur’an,” pesan Waka Bidang Humas SMAIT Al Haraki.