SMPIT Al Haraki terus Berinovasi di Monitoring Evaluasi TP. 2020/2021

SMPIT Al Haraki terus Berinovasi di Monitoring Evaluasi TP. 2020/2021

Sudah menjadi sebuah keharusan sebuah sekolah memiliki program-program kegiatan. Program kegiatan sekolah sendiri biasanya terdiri dari program jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Setiap pemimpin yang membuat program akan selalu ingin tahu sejauh mana program tersebut dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, yang akhirnya bermanfaat dan membantu bagi para pengambil keputusan. Salah satu untuk mewujudkan hal tersebut, secara sistematis perlu dilakukan monitoring dan evaluasi dengan baik dan benar.

Monitoring merupakan kegiatan untuk mengawasi atau memantau proses dan perkembangan pelaksanaan program sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kelancaran program sekolah yang berjalan, mengetahui hambatan yang terjadi dan mengetahui cara mengatasi hambatan. Sedangkan evaluasi adalah sebuah penilaian, yang sejauh mungkin dilakukan secara obyektif dan sistematik, terhadap sebuah program sekolah, baik menyangkut rancangannya, implementasinya, maupun hasil-hasilnya. Tujuan dari sebuah evaluasi adalah untuk menelaah relevansi dan pencapaian dari tujuan-tujuan yang diharapkan, efisiensi pengembangannya, efektivitas, dampak dan potensi keberlanjutannya.

Seperti yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya SMPIT Al Haraki kembali menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan Monev kali ini mengusung tema “Evaluasi untuk Motivasi dan Inovasi dalam melakukan Perbaikan Diri” dengan harapan momentum Monev ini menjadi salah satu ajang evaluasi diri dalam pelaksanaan program sekolah sekaligus motivasi untuk terus berinovasi dalam menyambut program kegiatan di semester 2.

Kegiatan Monev SMPIT Al Haraki dilaksanakan selama tiga hari, Senin – Rabu, 21 – 23 Desember 2020. Adapun agenda kegiatan di hari pertama Monev yaitu melakukan diskusi terkait evaluasi dan monitoring terhadap program – program kegiatan yang telah dilaksanakan di semester 1. Guru – guru SMPIT Al Haraki yang menjadi anggota kegiatan dibagi menjadi tiga kelompok pada sesi 1 yaitu kelompok level 7, level 8 dan level 9. Kemudian di sesi 2 setelah jam ishoma kegiatan evaluasi dan monitoring dilanjutkan untuk para PJ ruangan seperti Lab. IPA, Perpustakaan, Ruang UKS dan Ruang BK serta PJ kegiatan Alquran.

Adapun kegiatan di hari kedua monev diawali dengan pembukaan dan pembacaan tilawah serta doa. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Komite SMPIT Al Haraki Bapak Jusof Marshal, MT yang mengapresiasi guru-guru dalam melaksanakan PJJ dengan sangat baik selama satu semester ini. Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala SMPIT Al Haraki, Bapak Chairullah, M. Pd. I. Dan sambutan terakhir disampaikan oleh Direktur Pendidikan SIT Al Haraki Ibu Susi P. Krisnawan, SH yang dalam sambutannya mengajak guru-guru SMPIT Al Haraki untuk lebih melek teknologi. Setelahnya ada arahan-arahan yang disampaikan oleh masing-masing wakil kepala sekolah terkait kegiatan Monev hari kedua.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan dari masing-masing level dan PJ ruangan terkait hasil diskusi monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan di hari pertama. Secara bergantian setiap guru menyampaikan program – program apa saja yang sudah berjalan beserta dengan evaluasi dan rencana tindak lanjut.

Sedangkan kegiatan Monev hari terakhir berupa pembahasan evaluasi tim MGMPS SMPIT Al Haraki. Namun sebelum kegiatan Monev untuk MGMPS ini dilaksanakan, terlebih dahulu ada kegiatan Booster 7 Habbits dari DUNAMIS yang diikuti oleh sebagain guru-guru dari unit SD, SMP maupun SMA. Setelah selesai dengan kegiatan DUNAMIS, pada pukul 11.00 wib kegiatan Monev MGMPS dibuka oleh Pak Samsul selaku MC kegiatan. Setelah pembacaan tilawah dan doa kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Pak Fariz selaku Waka Bid. Kurikulum yang memberikan arahan terkait pengisian dari form Monev MGMPS. Bertepatan dengan adzan dhuhur kegiatan Monev telah selesai dilaksanakan. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan program-program SMPIT Al Haraki semakin lebih baik pelaksanaannya. Aamiin