Merdeka Belajar, Pelatihan Bersama DUNAMIS

Merdeka Belajar, Pelatihan Bersama DUNAMIS

Telah nampak berbagai jenis pekerjaan manusia di dunia ini yang tergantikan oleh mesin atau robot. Jika kita tidak mempersiapkan diri dengan berbagai bekal, tidak menutup kemungkinan manusia dapat kalah bersaing dalam menghadapinya. Sebagai guru, menyiapkan bekal untuk anak didik kita bersaing di era revolusi industri 4.0 ini merupakan pekerjaan rumah yang harus diemban oleh seorang guru. Lalu, bekal apa yang perlu disiapkan oleh guru untuk anak didiknya? Tidak hanya hardskill tetapi juga berbagai softskill.

SIT Al Haraki merupakan sekolah yang dinamis dan bergerak maju. Tidak hanya mengutamakan kemajuan siswanya, akan tetapi juga guru dan karyawannya, salah satunya adalah dengan mengadakan berbagai jenis pelatihan. Pelatihan diadakan guna meningkatkan pengetahuan dan SDM guru dan karyawan.

Pelatihan yang bertajuk ‘Merdeka Belajar’ diusung oleh SIT Al Haraki dalam menyikapi perkembangan pendidikan nasional di era revolusi industri 4.0. Merdeka Belajar itu sendiri berarti solusi yang memerdekakan pembelajaran dari administrative culture menuju ke arah learning culture yang sebelumnya banyak tersekat-sekat oleh perangkat administratif. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 13 Maret 2020 di Ruang Kelas Lantai 1 Gedung SMPIT Al Haraki dan diikuti oleh semua guru dari unit Preschool, SMP, dan SMA. Pelatihan ini diisi oleh Ibu Eni Soewarno dari organisasi Dunamis.

Pelatihan berdurasi dua jam ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Merdeka Belajar yang sedang digagas oleh Menteri Pendidikan Nasional saat ini. Objektif dari Merdeka Belajar atau dikenal dengan istilah Growth Mindset merupakan bagaimana nantinya anak didik yang dihasilkan dapat mengevaluasi dirinya sendiri dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapinya sehingga dapat mengembangkan pola pikir dan potensinya. Di dalam pelatihan ini, Ibu Eni Soewarno mengemukakan bahwa tidak ada peran yang tidak penting dalam sebuah institusi maupun organisasi. Semua bersinergi dan berperan penting dengan saling menghargai perbedaan yang ada.