Menumbuhkan Semangat Baru di Orientasi Awal Sekolah (OASE)

Menumbuhkan Semangat Baru di Orientasi Awal Sekolah (OASE)

Libur sekolah telah usai. Saatnya siswa dan siswi level 8 dan 9 kembali ke rutinitas Kegiatan Belajar dan Mengajar. Sebelum pandemi, guru SMPIT Al Haraki akan menyambut kedatangan siswa dan siswi mereka di depan pintu gerbang dengan mengenakan berbagai aksesoris yang menarik perhatian. Namun, kali ini penyambutan siswa dan siswi di tahun ajaran baru dilakukan secara daring. Penyambutan ini tidak kalah menariknya dengan penyambutan di gerbang sekolah. Adapun kegiatan penyambutan ini bernama OASE (Orientasi Awal Sekolah). Kegiatan OASE ini dilakukan dengan tujuan memberikan motivasi kepada siswa dan siswi dalam menyambut tahun ajaran baru, memperkenalkan wali kelas dan asisten wali kelas mereka yang baru, perkenalan dengan teman sekelasnya, menyusun organisasi kelas, memberikan orientasi terhadap kegiatan mereka di level yang baru serta mengingatkan kembali mengenai tata tertib sekolah yang mungkin terlupa karena libur sekolah yang panjang.

Kegiatan OASE ditujukan hanya untuk siswa dan siswi di level 8 dan 9 dan dilakukan secara terpisah berdasarkan levelnya melalui breakout room Zoom selama 2 hari berturut-turut. Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian motivasi belajar oleh alumni SMPIT Al Haraki yang kini telah menempuh pendidikan di SMA. Di level 8 ada Kak Hanifa Fatmarani dari Angkatan Galaxzyo dan saat ini bersekolah di SMAN 3 Depok yang mengisi sesi talkshow mengenai Teenagers Issues. Sedangkan di level 9 menghadirkan Kak Rayhan Abiyan dari Angkatan Garvenios yang saat ini bersekolah di sekolah negeri di Jakarta. Dalam kesempatan kali ini Kak Rayhan menceritakan pengalamannya saat di level 9 dan memberikan tips agar bisa berprestasi dan terus semangat dalam belajar meski dalam kondisi pandemi. Hadirnya Kakak-kakak alumni ini memberikan semangat baru untuk siswa dan siswi yang kini duduk di level 8 dan 9.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat baru dalam menyambut tahun ajaran baru, sehingga siswa dan siswi lebih bersemangat dalam mengikuti KBM dan mengukir prestasi.