Peningkatan SDM dalam suatu organisasi sangat penting dalam usaha mengembangkan organisasi tersebut. Salah satu dari usaha peningkatan SDM adalah dengan menyediakan pelatihan untuk anggotanya. Banyak manfaat yang dapat dipetik dari pelatihan yang diadakan oleh suatu perusahan, antara lain: organisasi akan memiliki tenaga ahli, meningkatkan etos kerja, produktivitas bahkan meningkatkan mutu hasil kerja. SIT Al Haraki yang merupakan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan melalui Kabag PMP SIT Al Haraki mengadakan pelatihan khusus untuk Asisten manajemen di lingkungan SIT Al Haraki dimulai dari unit SD hingga unit SMA.
Pelatihan yang mengusung tema ‘Basic Manajerial Skill’ ini dilaksanakan pada Senin, 4 Januari 2021 dengan menghadirkan Bapak Ir. Prima Haris, MBA sebagai pematerinya. Tujuannya adalah membekali para asisten manajemen dengan keahlian dasar dalam manajerial. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB di Lt. 2 Gedung SMPIT Al Haraki dan dipandu oleh Ibu Yuli Nurfitria, S. Pd. Acara dibuka dengan pembacaan doa kemudian dilanjutkan sambutan dari Direktur Pendidikan SIT Al Haraki, Ibu Susi P. Krisnawan, SH.
Inti acara yaitu acara pelatihan yang diisi oleh Bapak Ir. Prima Haris, MBA yang merupakan seorang trainer profesional dalam bidang Human Resources dan manajerial. Beliau membagikan pengalamannya dalam menghadapi berbagai karakter manusia dalam sebuah organisasi dan perusahaan dan bagaimana cara menyikapinya. Beliau menjelaskan bahwa tidak ada budaya yang sama yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi atau sering disebut juga dengan Corporate Culture. Menurut beliau, budaya dalam sebuah organisasi atau perusahaan mencerminkan anggota di dalamnya. Untuk menumbuhkan budaya yang baik, diperlukan pengembangan nilai-nilai baik dalam organisasi atau perusahaan.
Pengembangan nilai-nilai baik ini dapat dilakukan dengan cara keberanian anggota untuk memberikan ide dan inovasi kepada atasannya dan keterbukaan atasan untuk mempertimbangkan ide dan inovasi dari bawahannya.
Dalam pelatihan ini Bapak Prima Haris membagi peserta ke dalam kelompok berdasarkan divisinya. Kemudian, peserta dalam kelompoknya membuat masing-masing 3 inovasi untuk semua divisi yang ada di lingkungan SIT Al Haraki (Dirdik, Kepala Sekolah, Kurikulum, Kesiswaan, Sarpra, dan Humas). Peserta kemudian menempelkan hasil diskusi mereka yang berisikan usul atau gagasan inovasi untuk masing-masing divisi di papan tulis. Diskusi ini sangat menarik karena memunculkan ide-ide baru dalam praktiknya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan jenis-jenis karakter manusia hingga akhir acara.
Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat mengembangkan kemampuan diri, karena sejatinya pelatihan dan pendidikan hanya membukakan pintu, tergantung setiap individu mau atau tidak melewati pintu itu untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat.