Mengenal Sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Mengenal Sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Sejarah Singkat TNI

Setiap tanggal 5 Oktober kita memperingati ulang tahun Tentaran Nasional Indonesia (TNI). Untuk bisa merayakan harijadi TNI setiap tahunnya, bangs akita ternyata sudah melewati sejarah yang Panjang di awal kemerdekaan Indonesia.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan lembaga pertahanan yang berdiri ketika berlangsungnya perjuangan Indonesia melawan penjajah.

Merujuk pada situs resmi, sejarah berdirinya TNI bermula dari organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Pada masa mempertahankan kemerdekaan, ada banyak Badan Keamanan Rakyat Independen yang didirikan masyarakat. Organisasi Badan Keamanan Rakyat ini dikembangkan dengan sebutan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Dikarenakan Badan Keamanan Rakyat cukup banyak, pemerintah mengambil langkah supaya tidak ada salah paham dan mempersatukannya sebagai Tentara Republik Indonesia (TRI).

Susunan dalam Tentara Republik Indonesia (TRI) pun diubah dan disesuaikan selayaknya militer Internasional yang ditetapkan pada tanggal 5 Oktober 1945. Namun pada akhirnya, TRI resmi diubah pada 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno yang mengesahkan terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Di periode kritis perang kemerdekaan Tentara Keamanan Rakyat yang menjadi TNI ini, berperan menjadi alat negara pada bidang pertahanan.

TNI menjalankan tugas serta fungsinya berdasarkan politik negara dan memosisikan kedudukannya sebagai tentara rakyat, revolusi, dan nasional.

Prestasi TNI di Mata Dunia

Teman-teman tahukah kalau Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki segudang prestasi loh, yuk intip prestasi TNI di Mata Dunia:

  1. Indonesia adalah Negara yang paling banyak mengirim pasukan untuk PBB, Indonesia telah dipercaya oleh PBB untuk mengirimkan kontingen garudanya ke negara-negara konflik di Eropa.
  2. Masuk dalam Jajaran Pasukan Elite Dunia, TNI memiliki pasukan khusus yang salah satunya bernama Kopassus (Komando Pasukan Khusus). Pasukan ini adalah pasukan utama yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. 1 anggota dari Kopasus ini setara dengan 8 orang anggota TNI atau 1 orang anggota Kopassus bisa melawan 8 orang sekaligus.
  3. Pendaki Mount Everest Pertama Dari Asean, orang Indonesia pertama yang berhasil mendaki puncak gunung Everest ialah Asmujiono, ia adalah salah satu anggota Kopassus milik TNI Angkatan Darat sekitar tahun 1996. Anggota Kopassus ini mampu menancapkan bendera Merah Putih dengan gagahnya di puncak gunung Everest.
  4. Juara Umum Lomba Tembak Internasional, Indonesia banyak memperoleh medali emas dalam kompetisi lomba tembak antar negara.
  5. Latihan Keras adalah Modal Utama, TNI sangat hebat dalam pertahanan diikuti dengan Latihan tanpa lelahnya.

Nah itulah berbagai prestasi yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Teman-teman yang mempunyai cita-cita ingin menjadi TNI kuncinya ialah belajar dengan sungguh-sungguh dan rajin latihan atau olahraga. Hidup Tentara Nasional Indonesia (TNI)