Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan Bersama Pustakawan SDIT dan Haraki Preschool

Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan Bersama Pustakawan SDIT dan Haraki Preschool

Dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2021, Perpustakaan Ir. Bambang Suryanto SMPIT Al Haraki menyelenggarakan Literasi Guru ALKI #3 dengan mengangkat tema Sharing Session Bersama Pustakawan SDIT Al Haraki Ibu Halimatun Sa’diah dan Ibu Ratu Karima Fauzan dari Haraki Preschool. Kegiatan ini telah diselenggarakan pada hari Selasa, 14 September 2021 pukul 14.00-15.00 WIB.

Hari Kunjung Perpustakaan sendiri dimulai sejak 14 September 1995 pada saat pemerintahan Presiden Soeharto. Hal ini berawal dari dari Ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan surat nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995. Surat tersebut berisi usulan pencanangan hari kunjung perpustakaan pada tanggal 14 September 1995.

Kegiatan Sharing Session ini diawali oleh pemaparan Pustakawan Haraki Preschool mengenai kegiatan literasi di Haraki Preschool selama Pembelajaran Jarak Jauh. Beberapa kegiatan diantaranya adalah Reloud dan ODOV. Reloud merupakan kegiatan membaca nyaring bersama-sama sedangkan ODOV merupakan akronim dari One Day One Vocab. ODOV merupakan salah satu upaya penambahan kosa kata siswa-siswi Haraki Preschool setiap harinya.

Di sesi kedua materi disampaikan oleh Pustakawan SDIT Al Haraki. Selain menyampaikan mengenai penerapan literasi di SDIT Al Haraki selama pandemi, Bu Halima juga menjelaskan mengenai teknik-teknik membaca cepat. Pembahasan ini sesuai dengan bulan September yang diperingati sebagai Bulan Gemar Membaca.

Kegiatan ditutup dengan challange membaca cepat artikel oleh guru-guru SMPIT Al Haraki dan membuat rinngkasan utama dari masing-masing artikel tersebut melalui media desain seperti canva. Semoga dengan adanya Sharing Session dalam Rangka Hari Kunjung Perpustakaan bersama pustakawan ini dapat memberikan gambaran lebih jauh kepada guru-guru SMPIT Al Haraki terkait perpustakaan dan literasi serta memberikan motivasi untuk terus meningkatkan dan mengembangkan minat baca.