Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Dengan Aplikasi Canva

Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik Dengan Aplikasi Canva

Teknologi telah memudahkan segala aktivitas di kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Bagi seorang guru di bidang pendidikan, teknologi banyak dimanfaatkan dalam mempersiapkan media pembelajaran yang menarik agar lebih bervariasi dan tidak membosankan untuk siswa. Saat ini, banyak perusahaan start up yang bersaing dalam menyediakan aplikasi-aplikasi menarik yang dapat digunakan oleh guru terlebih di masa pandemi ini. Salah satu aplikasi yang booming digunakan di bidang pendidikan saat ini adalah Canva.

Canva merupakan aplikasi yang sangat membantu seseorang membuat sebuah design berupa infografis, flyer, slides power point, cover proposal, bahkan video. Tidak hanya digunakan oleh para ahli design, namun aplikasi ini juga banyak digunakan seseorang yang kurang paham dalam design karena Canva memberikan kemudahan dengan menyajikan template-template yang menarik dan mudah untuk disunting bagi penggunanya. Hal ini dimanfaatkan para guru di bidang pendidikan untuk menyiapkan media pembelajaran dalam bentuk power point dan video pembelajaran yang menarik.

Meninjau banyak manfaat dari aplikasi Canva ini, SMPIT Al Haraki mengadakan sharing session pada awal tahun ajaran baru untuk seluruh guru dan karyawan dengan menghadirkan Bapak Ginanjar Sidik sebagai tutornya. Dalam kesempatan ini, beliau memberikan materi mengenai penggunaan Canva dalam membuat flyer kegiatan. Kegiatan berlangsung selama 2 jam dan para guru terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Semoga dengan kegiatan sharing ini dapat memberikan kemudahan bagi guru-guru di SMPIT Al Haraki dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa dan siswi di SMPIT Al Haraki.