Manfaat Mengenal Kebudayaan Internasional

Assalamualaikum, Alkians.

Bagaimana kabar kalian semua? Semoga sehat selalu ya!

Tak terasa dalam waktu dekat ini SMPIT Al Haraki akan menggelar sebuah event luar biasa. Nama event tersebut adalah Alki In d’Fest. Alki In d’Fest adalah program di SMPIT Al Haraki yang bertujuan mengenalkan budaya internasional kepada siswa dan siswi di level 7 dan 8 dengan menghadirkan native dari berbagai negara yang akan mengenalkan budaya negara, makanan khas, bahasa, pendidikan dan landmark yang menjadi di negara mereka masing-masing. Acara Alki In D’Fest selalu dinanti-nantikan oleh seluruh warga SMPIT Al Haraki. Mengapa? Karena kalian semua akan turut terlibat dalam kegiatan ini, baik siswa, guru, karyawan bahkan orang tua dan komite sekolah. Semuanya akan mempersiapkan segala sesuatunya, dari mulai dekorasi, makanan khas, bahkan kostum khas dari negara asal native yang diundang.

Lalu, apa sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari mempelajari budaya internasional? Yuk, kita simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

1. Memperluas Pengetahuan dan Pengalaman

Mempelajari budaya negara lain berarti menambah pengetahuan dan pengalaman kita mengenai bahasa, kebiasaan dan budaya negara lain yang tentunya akan sangat berbeda dengan negara kita bahkan daerah kita. Hal ini dapat meningkatkan wawasan kita dalam bermasyarakat serta bagaimana melestarikan dan membangun budaya yang kita miliki.

2. Mengurangi Culture Shock

Apa itu Culture Shock? Culture Shock adalah rasa syok atau terkejut karena perbedaan budaya yang dirasakan oleh seseorang karena perpindahan mereka ke suatu tempat yang memiliki budaya yang bertolak belakang dengan budaya asalnya. Mengenal budaya internasional dapat mengurangi culture shock saat kita berpergian atau berpindah ke suatu daerah atau negara tertentu loh. Hal ini terjadi karena kita telah mengenal kebiasaan orang-orang dan budaya di negara yang kita tuju. Sehingga kita tidak terlalu merasakan jomplang saat berkunjung atau bertemu dengan orang dari negara lain.

3. Menumbuhkan Rasa Saling Menghargai

Mempelajari budaya internasional dapat menjadi ajang bagi kita untuk saling mamahami orang lain saat melakukan komunikasi dengan mereka dan menghargai perbedaan yang ada. Sehingga kita dapat menghindari konflik akibat perbedaan budaya, ras, agama, ataupun bahasa.

Luar biasa sekali manfaat yang dapat dipetik dari mempelajari Budaya Internasional ya. Semoga dengan hadirnya Alki in D’Fest nantinya dapat bermanfaat untuk seluruh warga SMPIT Al Haraki. Semakin penasaran ya, Alki in D’Fest akan seperti apa tahun ini. Yuk, mari sama-sama kita nantikan.