MALAM BINA RUHIYAH

Menumbuhkan Karakter Melalui Salat 5 Waktu

Malam bina ruhiyah (MABIRU) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan akhlak yang baik dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan membiasakan siswa untuk melaksanakan salat lima waktu. Kegiatan Mabiru ini diikuti oleh seluruh siswa level 4 dengan mengusung tema “Menumbuhkan Karakter Melalui Sholat 5 Waktu”.

Kegiatan Mabiru dibuka dengan kegiatan Pra Ruhiyah bersamaan dengan kegiatan LMT yang dilakasanakan oleh level 5 dan kegiatan Jalazah Ruhiyah (JR) yang dilaksanakan oleh level 4 pada hari Selasa tanggal 8 September 2020. Kepala sekolah SDIT AL Haraki Bapak Hidayat S. Pd.I turut memberikan sambutan untuk memotivasi siswa-siswi level 3, 4, dan 5 untuk mengikuti serangkaian kegiatan di levelnya masing-masing.

Kegiatan Mabiru tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi yang diakibatkan oleh Covid-19. Meskipun seluruh kegiatan dilaksanakan secara virtual, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para guru dan siswa dalam mengikuti kegiatan Mabiru ini. Hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran dan antusias siswa dalam menyimak materi LMT melalui zoom meeting pada hari Jumat, 11 September.

Materi Mabiru level 3 disampaikan oleh Bapak Kurniadi Sudrajat, S.Pd.I. yang menyampaikan materi dengan penuh semangat. Selain mengenalkan ibadah sholat wajib yang 5 waktu, beliau juga memberikan motivasi-motivasi kepada siswa untuk membangun keimanan dan membentuk karakter yang lebih baik sebagai seorang muslim.

Setelah menyimak pemamaparan materi, diujung acara siswa mengikuti Quiziz dengan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan. Tiga siswa yang menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat akan mendapat dorprize dari panitia Mabiru. Siswa yang berhasil mendapatkan dorprize adalah Tiara dari kelas 3 Tanim, Humaira dari kelas 3 Thoif dan Azka Danis dari kelas 3 Arafah. Dan ada beberapa siswa yang mendapatkan dorprize karena telah menjawab pertanyaan dari pemateri diantara siswanya adalah Ananda Arjuna kelas 3 thoif, Ananda M.Dzaki dari kelas 3 Thoif dan Ananda Syakira dari kelas 3 Mina. Kegiatan Mabiru tersebut tidak berhenti di penyampaian materi. Seluruh siswa level 3 nantinya akan mengikuti pre test dan post test dengan mempraktikan gerakan dan bacaan shalat. Hal tersebut dilakukan sebagai tolak ukur pemahaman siswa mengenai sholat wajib lima waktu. Sebagai apresiasi dan bentuk penghargaan, nantinya seluruh siswa level 3 yang telah mengikuti serangkaian kegiatan Mabiru akan diberi sertifikat.