.grecaptcha-badge { visibility: hidden !important; }

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout).

Seperti yang sudah diketahui bersama, kegiatan Pramuka di SMPIT Al Haraki dikenal dengan Pasukan Khusus atau dengan nama bekennya Passus. Passus merupakan salah satu dari empat organisasi yang terdapat di SMPIT Al Haraki.

Dewasa ini kegiatan pramuka telah menjadi ajang berkumpul dan berkreatifitas anak-anak muda. Meski demikian, seluruh kegiatannya tetao berpegang teguh kepada Dasa Darma Pramuka. Dalam berpramuka siswa-siswi SMPIT Al Haraki terus mencari banyak teman, sahabat, serta saudara sebanyak-banyaknya.

Dipelopori oleh Kak Jay yang berkolaborasi dengan Pembina Pramuka SMPIT Nurul Fikri Kak Sulthoni telah berlangsung kegiatan latihan bersama atau yang biasa disebut latgab (latihan gabungan) pada Sabtu, 25 Januari 2020 bertempat di SMPIT Nurul Fikri, Jalan Raya No. 61, Kelapa Dua Kota Depok.

Kegiatan LATGAB ini dimulai dengan makan pagi bersama, perkenalan, bermain bersama dan masuk ke kegiatan inti, yaitu latihan LKBB yang merupakan kepanjangan dari Latihan Keterampilan Baris Berbaris. Selain itu, kegiatan LATGAB juga berisikan kegiatan belajar membuat tandu yang dipandu oleh kakak Almuni SMPIT Al Haraki dari angkatan ke-2 Passus (Descomifion) dan angkatan ke-3 Passus (Aldestron). Melihat antusias dan semangat peserta LATGAB membuat para Kakak Pembina berniat kembali mengadakan LATGAB sesi 2 di lapangan SMPIT Al Haraki.

Dalam Pramuka tidak ada yang merasa hebat satu sama lain. Dalam pramuka yang tertanam adalah membantu satu sama lain meski berbeda sekolah. Karena hakikatnya salah satu kebermanfaatan adanya pramuka adalah untuk tetap menjaga silaturrahim dan ukhuwah.

Salam Pramuka!