Pelatihan SIT Al Haraki: Kondisi Psikologi pada Masa Pandemi Terhadap Ketahanan Keluarga

Pelatihan SIT Al Haraki: Kondisi Psikologi pada Masa Pandemi Terhadap Ketahanan Keluarga

SIT Al Haraki melalui Bidang Penjamin Mutu Pendidikan kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan daring untuk para guru dan karyawan via zoom meetings. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 9 Juni 2020. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh seluruh unit yang ada di SIT Al Haraki, mulai dari Haraki Preschool sampai SMAIT Al Haraki.

Pelatihan yang mengusung tema Kondisi Psikologi pada Masa Pandemi Terhadap Ketahanan Keluarga ini disampaikan oleh Ibu Sani B Hermawan, Psi yang merupakan seorang psikolog anak dan keluarga. Dalam pembahasannya Bu Sani menyampaikan bahwa permasalahan yang timbul di era Covide-19 ini adalah ketidakjelasan dan perubahan. Karenanya kita sebagai bagian dari tatanan keluarga dan masyarakat harus terus bersedia ketika sewaktu-waktu kembali terjadi perubahan dan ketidakjelasan kondisi.

Selain kedua permasalahan di atas, muncul juga beberapa masalah baru yang terjadi kepada invididu dan keluarga, seperti psikomatis, stres, anxietas dan depresi, gangguan emosi, masalah keuangan bahkan KDRT. Berbicara KDRT, KPAI melaporkan dalam kurun waktu 3-5 bulan terakhir kasus perceraian meningkat di mana yang menjadi korban adalah anak-anak dan perempuan.

Lebih jauh, Ibu Sani menyampaikan bahwa wajar ketika seseorang merasa stres di kondisi seperti ini.Namun perlu dipahami bahwa stres memiliki dua jenis yakni distress, stres yang negatif dan eustress, stres yang bersifat positif. Karenanya dibutuhkan adversity quotient yang merupakan kecerdasan seseorang dalam menghadapi rintangan atau kesulitan secara teratur. Hingga pada akhirnya seseorang yang tengah dilanda stres dapat mengubah stres tersebut menjadi tantangan kemudian dari tantangan menjadi peluang.

Sebagai penutup Ibu Sani sampaikan 6 karakter unggul yang diharapkan dapat tercermin dari seluruh guru dan karyawan SIT Al Haraki:
1. Memiliki dan menentukan tujuan hidup
2. Memiliki dan menentukan prioritas
3. Berpikir positif dan inisiatif
4. Mengendalikan diri
5. Membangun komunikasi
6. Mengembangkan minat dan hobi

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini seluruh guru dan karyawan SIT Al Haraki mendapatkan pengetahuan dan wawasan terkait ketahanan keluarga pada saat pandemi sehingga seluruh keluarga besar SIT Al Haraki memiliki akar yang kuat dan sehat di dalam kehidupan keluarga baik di lingkungan rumah maupun sekolah.