Khotmil Qur’an Online Level 6

“Raih keberkahan hidup dengan Al Qur’an”

Sabtu 13 Juni 2020, Alhamdulillah SDIT Al Haraki telah mengadakan acara Khotmil Qur’an virtual juz 28 ,  dengan mengusung tema “Raih keberkahan hidup dengan Al Qur’an ” yang diikuti oleh 123 siswa/i level 6 yang merupakkan salah satu rangkai acara terakhir yang mereka lalui sebelum wisuda kelulusan. Diharapkan dengan adanya acara ini, bisa menjadi motivasi dan semangat siswa-siswi agar tetap istiqomah untuk mengaji dan menghafal.

Dibuka dengan pembacaan Al Fatihah dan Al Jumu’ah yang dipimpin oleh salah satu siswa level 6 bernama Najwa Avindra. Kemudian dlanjutkan dengan acara sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SDIT Al Haraki, Bapak Hidayat, S.Pd.I, dan dihadiri secara virtual oleh Bapak Utang Wardhaya,AP,M.Si selaku Camat Pancoran Mas Depok  dan Bapak Sada,M.Pd selaku Kabid. Pendidikan Dasar Kota Depok.

Setelah sambutan, Siswa-siswi membacakan juz 28 secara bergantian, mulai dari Al Mujadalah sampai At-Tahrim, kemudian setelahnya, diadakan munaqosyah atau yang biasa disebut sambung ayat sebagai tes penguatan hafalan siswa. Salah seorang siswa terpilih secara acak menggunakan spin virtual, dipersilahkan untuk memilih nomer soal yang ia inginkan kemudian guru Al Qur’annya membacakan potongan ayat tersebut, dan siswa akan menebak lanjutan ayat tersebut dan menjawabnya secara langsung. Tentu momen ini adalah substansi acara yang ditunggu-tunggu dalam setiap khotmil qur’an, dimana guru, orang tua dan murid sama-sama memperhatikan bacaan yang dilantunkan sang hafidz.

 Pada tahun ini, memang banyak sekali kegiatan-kegiatan lama yang dikemas dengan nuansa baru, seiring dengan tuntutan jaman dan keadaan pandemi ini. Salah satunya adalah khotmil qur’an ini. Trobosan, persiapan dan konsep acara yang baru serta tingginya kerjasama antara guru, siswa dan orang tua adalah hal yang sangat penting, agar menjadikan acara khotmil qur’an ini berjalan dengan terstruktur, khusuk, dan kondusif.

Setelah acara muanqosyah, Guru memberikan plakat dan sertifikat secara simbolis, yang mana plakat dan sertifikat tersebut, baru bisa diambil berbarengan dengan pembagian rapot dan ijazah level 6. Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi siswa-siswi yang telah semangat menghafal Al Qur’an sebanyak  3 juz, mulai dari mereka di level 1-6, SDIT Al Haraki membuat 10 kategori siswa terbaik dalam proses belajar Al Qur’an. Kategori ini tidak hanya dilihat dari seberapa banyak hafalan dan tartil membacanya, namun juga dinilai dari akhlaq sehari-hari kepada guru, adab terhadap Al Qur’an, kesemangatan, kesabaran dan ketekunan siswa dalam proses belajar. Tentu 10 kategori ini membuat siswa-siswi dan orang tua menjadi senang, haru dan bahkan ada siswa yang tidak menyangka mendapatkannya, sehingga menjadi kesan tak terlupakan untuk siswa-siswi. Dan Diharapkan dengan adanya acara Khotmil Qur’an ini, siswa-siswi akan terus semangat dalam mengaji dan belajar Al Qur’an hingga dewasa nanti.