Khotmil Qur’an Level 3

Membumikan Al Qur’an Menuju Generasi Rabbani

Sabtu (08/02/2020) SDIT Al Haraki mengadakan kegiatan tahunan yakni khotmil Qur’an bagi siswa-siswi level 3, yang diselenggarakan oleh TIM AlQur’an SDIT,  bertempat di Masjid SDIT Al Haraki. Dengan mengusung tema acara “membumikan al qur’an menuju generasi rabbani” diharapkan siswa-siswi SDIT Al Haraki selalu bersemangat untuk belajar dan menjaga hafalan Al Qur’an, sehingga bisa menjadi generasi yang berwawasan luas dan agamis.

Rintik hujan selama acara berlangsung tidak mematahkan semangat para siswa-siswi untuk terus melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, yang dipimpin oleh Bapak Tijani sebagai koordinator Tim Al Qur’an.

Kegiatan khotmil Qur’an ini adalah salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh tim Al Qur’an SDIT Al Haraki, dimana setiap siswa wajib menghafalkan Al Qur’an sebanyak 3 juz, juz 30 ditargetkan untuk siswa-siswi level 3, juz 29 ditargetkan untuk siswa level 5, dan juz 28 ditargetkan untuk siswa level 6.

Kegiatan khotmil qur’an level 3 ini dimulai dari jam 07.00 sampai jam 11.00 WIB, dibuka dengan parade shalawat, dilanjutkan pembacaan juz 30 dengan tartil secara berjamaah, dimulai dari surat alfatihah sampai surat at-takasur, kemudian dilanjutkan tes sambung ayat juz 30 / munaqosah yang dipimpin oleh Ustadz Syahroni,S.Pd dan Ustadz Kurniadi Sudrajat,S.Pd, sebelum melakukan tes sambung ayat, MC membacakan beberapa surat yang ditulis oleh ananda sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada orang tua yang telah mendukung ananda dalam proses belajar, dan juga menyampaikan kesan kepada guru-guru selama belajar al qur’an sejak level 1-3. Dan setelah itu, diakhiri dengan pemberian sertifikat dan piagam bagi 3 peserta tahfiz terbaik dari setiap kelasnya.

Seusai acara khotmil Qur’an, para tamu undangan dan para siswa diperkenankan untuk mengabadikan momen haru dan bahagia ini, selama 10 menit. Tak hanya itu, setelah sesi foto, ananda dipersilahkan untuk makan siang bersama-sama dengan teman sejawat, kemudian sholat dzuhur berjamah dan pulang. Dan nyatanya Al Qur’an tidak hanya sekedar bacaan, ia adalah sebuah petunjuk hidup, penguat silaturahim dan pembawa kedamaian hati.