Khotmil Qur’an dan Munaqashah Juz 30 Level 2 SDIT Al Haraki – TP. 2021/2022

Alangkah indahnya hidup kita, bila kita tidak hanya sekedar bisa membaca Al Quran, tetapi juga menghafalnya, dan mengamalkannya. Banyak hadits Rasulullah saw yang mendorong untuk menghafal Al Qur’an atau membacanya di luar kepala, sehingga hati seorang individu muslim tidak kosong dari sesuatu bagian dari kitab Allah swt.  Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas “Orang yang tidak mempunyai hafalan Al Qur’an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh” (HR. Tirmidzi).

Selain itu berbagai kebahagiaan yang didapat dari penghapal Qu’an salah satunya yaitu dari Mu’adz al Juharni berkata bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari Kiamat yang cahayanya lebih terang daripada cahaya matahari seandainya berada di rumah-rumah kalian di dunia ini. Maka bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya?” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

SDIT Al Haraki sebagai salah satu sekolah dasar Islam terpadu di Depok yang memiliki program unggulan di bawah naungan bidang kurikulum yaitu siswa mampu menghafal juz 30, 29, dan 28. Dimana sejak kelas 1 siswa dibimbing setiap hari oleh Bapak Ibu Guru pengajar Al-Quran dalam menghafal Al Qur’an. Alhamdulillah, di kelas 2 ini siswa sudah mampu menghafal dan membaca secara tartil juz 30.

Untuk menambah semangat siswa dalam menghapal, maka dirasa penting untuk dibuatkan acara yang kemudian disebut dengan Khotmil Qur’an dan Munaqashah pada hari Sabtu 18 Juni 2022. Didalamnya terdapat pembacaan ayat suci Al-Qur’an juz 30 dan ujian hapalannya. Dalam kegiatan ini, siswa kelas 2 akan disaksikan oleh orang tua masing-masing di sekolah.

Acara ini di awali dengan pembukaan oleh MC kemudian di lanjutkan sambutan oleh Kepala SDIT Al Haraki, kegiatan ini juga di hadiri oleh Bapak Syahril Simamora, SS, MM selaku Ka. Sie Pendas SD Disdik Kota Depok. Beliau mengatakan pendidikan Al Qur’an sejak dini sangatlah penting sebagai pedoman disetiap kehidupan, mempunyai anak yang sudah hafal juz 30 di usia yang sangat kecil suatu kebanggakan bagi kedua orang tuanya.

Alhamdulillah acara berjalan dengan baik sesuai dengan rundown dan cuaca yang mendukung cerah. Antusias dari orang tua dan siswa siswi level 2 dalam mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an juga luar biasa.

Semoga anak-anak bisa menjadi generasi robbani yang kelak akan membuat agama Islam tetap kokoh berdiri sepanjang masa hingga yaumil akhir nanti.