JUNIOR FESTIVAL

Level 3

“Siaga  terampil, berkarakter dan gembira di masa pandemi”

Pramuka dianggap sebagai wadah pembentukan karakter siswa, karena dalam Pramuka siswa diajarkan kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Dalam rangka menumbuhkan karakter pramuka pada siaga maka diadakanlah kegiatan Junior Festival. Dalam Kegiatan ini terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapat, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta mempererat tali persahabatan dan persaudaraan.

Kegiatan Junior Festival ini biasanya dilakukan dengan berkemah outdoor namun kali ini, akibat pandemik maka kegiatan dilakukan secara virtual. Kegiatan Junior Festival dilaksanakan dua hari, pada tanggal 10 dan 19 Desember 2020, dengan tema “Siaga  terampil, berkarakter dan gembira di masa pandemi”

Pada tanggal 10 Desember 2020, kegiatan dilaksanakan dari pk. 08.30-12.00. Kegiatan diisi dengan pengenalan materi tentang siaga. Apa itu siaga? Tingkatan siaga? Manfaat mengikuti kegiatan pramuka oleh Ka Hasan dilanjutkan pengenalan keterampilan khusus dalam siaga seperti menata meja oleh Ka Desi, memasak bola-bola oreo oleh Ka Iis, pengamatan oleh Ka Ade dan pembantu ibu atau juru kebun oleh Ka Gia. Keterampilan langsung dipraktekan oleh para siswa, kemudian hasilnya diupload ke GCR kelas masing-masing. Ketika masing-masing siswa sudah mengumpulkan empat keterampilan tersebut maka panitia membagikan 4 TKK untuk ditempel di lengan kanan baju pramukannya. Kegiatan diakhiri penugasan dekor tempat belajar bertemakan pramuka dan pembuatan video yel-yel perkelompok

Pada tanggal 19 Desember 2020 diadakan pelantikan siaga. Pelantikan diikuti oleh 60 siswa yang telah menyelesaikan SKU nya, minimal sudah mendapatkan 25 poin. Kegiatan dilaksanakan pk.09.30-11.30. Kegiatannya berisi pelantikan siaga, siaga putra oleh Ka Anjar dan siaga putri oleh Ka Indri. Kegiatan lainnya adalah pemutaran video yel-yel dan pengumuman pemenang lomba.

Pemenang lomba yel-yel kelompok

  1. Barung Merah
  2. Barung Hijau
  3. Barung Biru

Pemenang dekor tempat belajar

  1. Marsya 3 mina
  2. Malika 3 arafah
  3. Nayyira 3 thoif
  4. Danish 3 Tan’im
  5. Nakhla alvaro 3 thoif