Internship Curriculum 2022

Internship Curriculum 2022

Internship Curriculum merupakan salah satu agenda kurikulum di level 9, di mana IC menjadi sarana bagi siswa untuk mempraktikkan langsung mata pelajaran entrepreneur yang terdiri dari Photography, Cooking, Event Organizing, Animation, Designing dan Broadcasting.

Pada tahun 2022 ini, kegiatan Internship Curriculum level 9 dilaksanakan secara luring dan daring setelah tahun sebelumnya berlangsung secara daring. Meski belum kembali dilakukan langsung di pihak ketiga seperti SMK Sahid dan D’Kandang, siswa level 9 tetap antusias melakukan kegiatan IC di sekolah.

Internship Curriculum telah dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu, 29-30 Maret 2022. SMPIT Al Haraki menghadirkan enam narasumber profesional dari setiap bidang entrepreneur. Pada kesempatan ini, SMPIT Al Haraki bekerjasama dengan SMK Taruna Bhakti di bidang Animation, Pusdatin Komdikbud di bidang Broadcasting, Milka Pastry di bidang Cooking, She_HomeDecor di bidang Design, The Spring Organizer di bidang Event Organizing, dan Faruq Photography di bidang Photography.

Pada hari pertama kegiatan yang mengusung tema “Foster an Entrepreneurial Spirit among Youth Creatively and Innovatively” ini diselenggarakan secara luring di SMPIT Al Haraki. Kegiatan hari pertama diawali dengan pengisian presensi kehadiran dimasing-masing bidang. Pada bidang Animation siswa praktik membuat animasi 2D menggunakan aplikasi powtoon. Dibidang Broadcasting, siswa diminta membuat audio talent. Bidang Cooking siswa membuat tiga menu makanan dan minuman, yaitu bubur sumsum kolak biji salak, lumpia Thailand, dan es melon selasih. Sedangkan pada bidang Designing siswa membuat kerajinan tangan macramé. Bidang Event Organizing siswa dilatih membuat proposal dan poster digital suatu event sesuai tema yang telah ditentukan. Dan dibidang photography siswa memotret suatu objek dan event dengan berbagai angle foto.

Seluruh siswa sangat antusias dan fokus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Internship Curriculum hari pertama ini. Acara Internship Curriculum juga mendapat dukungan positif dari orang tua murid, guru-guru SMPIT Al Haraki serta para undangan. Sampai bertemu di Internship Curriculum hari kedua!